Optimalisasi Air Baku, Badung Lakukan Ini

0
9
RAPAT - Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, pimpin rapat Optimalisasi Air Baku di Badung Selatan di Puspem Badung, Kamis (2/1).

Mangupura, DenPost

Persoalan penyediaan air baku khususnya di wilayah Kuta Selatan kini sudah menemui titik terang. Menyusul adanya kesepakatan antara Pemkab Badung bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida dan Pengelola Air Limbah (PAL) Provinsi Bali sebagai pengelola DSDP. Kesepakatan itu terkait optimalisasi penyediaan air baku yang akan diolah oleh PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Komitmen bersama tersebut terungkap saat rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa di Puspem Badung, Kamis (2/1).

Hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut, Direktur PDAM Tirta Mangutama Badung, I Ketut Golak bersama Direksi PDAM, Kepala BWS Bali-Penida, Airlangga Mardjono; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gede Putra Suteja; Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan Luh Putu Desy Damayanti; Kadis PUPR IB. Surya Suamba; Kabag Perekonomian A.A Sagung Rosyawati serta dari PAL Provinsi Bali.

Baca juga :  Cegah Wabah Virus Corona, Desa Adat Blahkiuh “Ngeneng”

Suiasa mengapresiasi Balai Wilayah Sungai Bali-Penida dan PAL Provinsi Bali yang sepakat mendukung Pemkab Badung dalam penyediaan air baku. Menurutnya, nanti air baku akan diambil di muara estuari dam serta dari saluran DSDP. Terhadap rencana tersebut Pemkab Badung akan menyiapkan infrastruktur pendukung. Di tahun anggaran 2020 Pemkab Badung akan menyiapkan investasi berupa pembelian mesin pendorong sebesar Rp 10 M dan pemasangan infrastruktur di muara estuari dam. Selain itu untuk penyambungan pipa dari saluran DSDP akan dilakukan oleh PDAM. “Sebetulnya permasalahan ini sudah dari dulu dan dengan pembicaraan ini, kini sudah menemui titik temu dan bisa disepakati. Dengan upaya ini kami harapkan penyediaan air baku dan optimalisasi layanan air bersih di Badung Selatan akan dapat selesaikan,” tegas Suiasa. (a/115)

Baca juga :  Lerai Percekcokan, Mahaputra Tewas Ditebas