Masuk Sasih Kaulu, Ini Kata Wagub Soal Cuaca Ekstrem

Masuk Sasih Kaulu, Ini Kata Wagub Soal Cuaca Ekstrem

Ungasan, DenPost

Cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi di Bali patut diwaspadai masyarakat. Apalagi di sejumlah kabupaten/kota telah terkena dampak, antara lain banyak pohon tumbang akibat diterjang angin kencang. Wakil Gubernur Bali, Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati, mengatakan, cuaca ekstrem itu merupakan pertanda bahwa Bali memasuki Sasih Kaulu. “Kalau di Bali namanya Sasih Kaulu, hujannya lebat disertai angin yang cukup keras,” terangnya, Minggu (5/1) di Ungasan, Badung.

Baca juga :  Selain Corona, "Virus" ini Juga Hantui Watersport Tanjung Benoa

Kata dia, kombinasi antara hujan dan angin itu akan berlangsung dalam bulan Januari dan Februari. Cok Ace mengatakan, kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan mengingat di beberapa daerah di Indonesia telah terjadi banjir dan tanah longsor. Menurutnya, bencana itu terjadi karena sebelumnya memasuki musim hujan, telah terjadi musim kemarau yang berkepanjangan. Untuk itu ia berharap agar masyarakat lebih waspada terhadap aktivitas maupun kondisi alam yang berpotensi bencana.

Baca juga :  Satpol PP Tertibkan Gacong di Simpang Siligita Nusa Dua

“Mereka yang tinggal dekat pegunungan maupun dekat dengan tebing agar waspada. Sebab dulu pada waktu kemarau tanah yang retak, sekarang musim hujan biasanya akan berpotensi bencana longsor,” imbaunya. Selain itu, Wagub juga mengimbau agar masyarakat menghindari kemungkinan kayu roboh dan menghindari tempat-tempat yang didominasi besi untuk mewaspadai sambaran petir. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini