Curi Motor, Pencuri Asal Sumba Hanya Perlu Tiga Detik

DITANGKAP - Para tersangka, Andreas Yanto Bani (23), Damianus Dara Geli (23) dan Kristo (21) pencuri motor dengan modus mematahkan kunci stang.

Canggu, DenPost

Hanya dalam waktu tiga detik, tiga pemuda asal Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa bawa kabur motor curian. Para tersangka, Andreas Yanto Bani (23), Damianus Dara Geli (23) dan Kristo (21) melancarkan aksinya dengan modus baru, yakni mematahkan kunci stang lalu menuntun motor yang dicurinya seakan-akan kehabisan bensin.

Kapolsek Kuta Utara, Kompol I Dewa Putu Anom Danunjaya, mengungkapkan, ketiga tersangka melakukan aksinya di wilayah Badung, Tabanan, Gianyar dan Denpasar. “Biasanya mereka melancarkan aksinya saat sore atau malam usai bekerja (buruh proyek),” ungkapnya didampingi Kanit Reskrim, Iptu Androyoan Elim, Selasa (7/1).

Baca juga :  BRTV 2021, Giri Prasta Apresiasi dan Dukung Wakil Badung

Dilanjutkannya, ketiga tersangka biasanya berkeliling mencari sasaran menggunakan satu motor. Setelah melihat target, salah satu tersangka lantas mengambilnya dengan cara memutar stang hingga kunci pengamannya patah. Setelah itu motor didorong. “Orang yang melihat tak curiga dan mengira jika mereka mendorong motor yang kehabisan bensin atau rusak. Ini tergolong modus baru. Saat mematahkan kunci stang, tersangka melakukannya sekitar tiga detik,” bebernya. Sesampainya di tempat aman, sambung Dewa Anom, tersangka membuka kabel kelistrikan di bawah stang motor, kemudian diakali tersangka sehingga motor bisa dinyalakan. “Kemudian motor curiannya dijual ke teman-temannya di proyek dengan cara dikredit. Tersangka memberikan harga normal dengan uang muka Rp 3 juta. Lalu setiap bulannya dicicil Rp 500 ribu selama dua tahun. Tersangka beralasan akan memberikan BPKB motor itu saat dibayar lunas oleh teman-temannya. Padahal tersangka menipu temannya agar motor itu terjual mahal,” ucapnya. (124)

 

Baca juga :  PHRI Badung Dukung Kebijakan Pusat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini