Beringin Tumbang Timpa Empat Palinggih

Beringin Tumbang Timpa Empat Palinggih
Bangli, DenPost
Pohon beringin tumbang dan menimpa empat unit palinggih (bangunan suci) Pura Puseh, Dusun Kayang, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli. Peristiwa itu terjadi Sabtu (11/1) sekitar pukul 20.00. Namun baru dilaporkan pada Minggu (12/1) pada Babinsa Desa Kayubihi, I Wayan Sudiana.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangli, I Ketut Gede Wiredana didampingi Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Bangli, I Ketut Agus Sutapa, mengatakan, tiga palinggih rusak berat dan satu palinggih rusak ringan. Selain itu, kabel milik PLN juga turut tertimpa dahan beringin.
Di tempat terpisah, musibah kebakaran terjadi di Pura Puseh Desa Bantang, Kintamani, Minggu (12/1) sekitar pukul 05.30. Api membakar bangunan pemaruman yang di dalamnya tersimpan arca.
Kejadian itu pertama kali dilihat oleh warga, I Wayan Sukarya (37). Ketika bangun tidur, saksi melihat dari rumahnya ada kepulan asap dari arah pura. Setelah didekati, ternyata ada api yang membakar gedong  (bangunan) tersebut.
Saksi kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Kelihan Banjar Adat Bantang, Ketut Ariawan (42) dan sekaligus mengumpulkan warga
untuk memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan manual dan seadanya.
Kapolsek Kintamani, Kompol I Made Raka Sugita, mengatakan, dugaan sementara, api diperkirakan dari dupa. “Sebab sebelum kejadian, muda-mudi Desa Bantang melaksanakan persembahyangan bersama. Tapi ini baru perkiraan saja,” katanya didampingi Kasubag Humas Polres Bangli, AKP Sulhadi. (128)
Baca juga :  Kasus Positif Virus Corona di Bangli Kembali Bertambah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini