Koster Rayu Menteri Bappenas Kucurkan APBN ke Bali

Wayan Koster

Renon, DenPost

Terbatasnya sumber anggaran pembangunan Bali membuat Gubernur Wayan Koster tak sungkan merayu pejabat pusat yang berkunjung ke Bali. Jika sebelumnya Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang dirayu ikut mengawal pembangunan Bali, kini giliran Menteri Pembangunan Nasinal/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, sebelum meneken nota kesepahaman Pembangunan Rendah Karbon, Selasa (14/1). Strateginya juga sama, yakni merayu kala memberi sambutan.

“Kalau sudah tanda tangan itu harus diwujudkan Pak. Saya minta Bapak bantulah di APBN untuk pembangunan Bali ini, karena sumber kami sangat terbatas. Hanya dari pajak kendaraan bermotor, dan kalau itu digenjot yang ada malah macet,” ucap Koster.

Baca juga :  Pelayanan Parkir di Pasar Badung Terganggu Gara-gara Ini

Agar nyambung dengan misi Menteri tentang pembangunan rendah karbon, Koster memaparkan visi-misi Nangun Sad Kerthi Loka Bali yang praktik sesungguhnya mengarah kepada menjaga dan merawat alam serta isinya. Kata dia, alam Bali sudah menurun kualitasnya karena eksploitasi pembangunan. Menjaga itu, dia memakai kearifan lokal Bali warisan leluhur yang dinilai sangat palikatif meski leluhur saat itu belum sekolah. “Waktu itu kan belum ada wajib belajar 9 tahun atau 12 tahun, tapi punya pengetahuan luar biasa. Kalau kebijakan Pak Menteri adalah pembangunan rendah karbon, bagi saya lebih tepat disebut pembangunan ramah lingkungan,” urainya. (107)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini