Harga Gas Melon di Nusa Penida Melambung Karena Ini

DIKIRIM - Puluhan tabung gas elpiji yang akan dikirim ke Nusa Penida melalui Pelabuhan Kusamba, Dawan, belum lama ini.

Semarapura, DenPost

Adanya penyesuaian tarif penyeberangan lintas Padangbai-Nusa Penida mulai berdampak terhadap naiknya ongkos angkut gas elpiji tiga kilogram di wilayah Nusa Penida. Kenaikan ongkos angkut gas melon ke Nusa Penida sampai dua kali lipat dari Rp 1.350 menjadi Rp 3.500 per tabung. Kondisi ini membuat harga gas melon di Nusa Penida melambung.

Kenaikan ongkos angkut ini sudah mulai disosialisasikan Pemkab Klungkung di wilayah Nusa Penida, Jumat (17/1). Sosiliasasi dipimpin Asisten II di Bidang Administrasi, Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung, Luh Ketut Ari Citrawati, didampingi Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam, I Nyoman Susanta, dan  Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra. Hadir juga perbekel se-Nusa Penida, para pengurus BumDes se-Nusa Penida, dan PT Sentana Giri Nusa sebagai satu-satunya agen gas elpiji di Nusa Penida.

Baca juga :  Klungkung Gelar KOSN Tahun 2020

Citrawati mengatakan, kenaikan ongkos angkut gas elpiji tersebut tertuang dalam Perbup Nomer 83 Tahun 2019 tentang ongkos angkut liquifed petroleum gas tabung tiga kilogram Klungkung daratan ke kepulauan Nusa Penida. Yang mana dalam Perbup tersebut, ongkos angkut gas elpiji tiga kilogram ke pulau Nusa Penida ditetapkan Rp 3.500 per tabung. Sedangkan ongkos angkut ke pulau Lembongan dan Ceningan Rp 8.000 per tabung. Dikatakannya, Perbub tersebut dibuat untuk mengendalikan harga sampai di tingkat pangkalan saja. Yang mana harga tabung gas elpiji tiga kilogram sampai di tingkat pangkalan Rp 18.000 per tabung.

Kabag Perekonomian, Nyoman Susanta mengatakan, selama ini harga gas elpiji di Nusa Penida sangat bervariatif dan sangat tergantung oleh sub agen atau pangkalan. Berdasarkan pemantauan tim Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Klungkung, harga eceran gas elpiji tiga kilogram di pasar Batununggul sudah mencapai Rp 25.000 per tabung (119)

Baca juga :  Bupati Suwirta Berbagi Kiat Pengendalian Tembakau di Daerah di KTT APCAT 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini