PHRI Badung Desak Moratorium Hotel

DISKUSI - Diskusi Rapergub tentang Penyelenggaraan Tata Kelola Pariwisata Bali di Disparda Bali, Selasa (21/1).

Renon, DenPost

Berlimpahnya ketersediaan kamar hotel di Bali membuat pengusaha hotel kesulitan untuk menaikkan harga kamar. Kondisi ini menyebabkan perang harga kian masif, dan kian menjauhkan Bali dari konsep pariwisata berkualitas. Pendapat itu dilontarkan Ketua PHRI Badung, IGN Rai Suryawijaya, dalam diskusi Rapergub tentang Penyelenggaraan Tata Kelola Pariwisata Bali di Disparda Bali, Selasa (21/1).

Menurut Rai, moratorium hotel merupakan kebutuhan mendesak bila semua pihak sepakat menjadikan Bali menjadi pariwisata berkualitas. Kata dia, dengan menjaga jumlah kamar tanpa penambahan, maka pengusaha hotel bisa menaikkan harga kepada wisatawan. Karena kamar dibatasi, maka peluang tingkat okupansi naik juga makin besar, dan muaranya adalah meningkatnya jumlah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. “Kalau dulu target 6 triliun, nanti kita berani pasang target 8 triliun misalnya,” urainya.

Baca juga :  JENAZAH PRIA KAGETKAN WARGA PELABUHAN BENOA

Kebijakan tak populer semacam itu, sebutnya, harus berani dilakukan pemerintah. Data menunjukkan, masih ada sedikitnya 35% kamar hotel di Bali yang tidak kebagian tamu. Di sisi lain, pemerintah rajin mengeluarkan izin baru untuk bisnis hotel. Kondisi ini menyebabkan harga terus ditekan, dan pariwisata menjadi tidak berkualitas. “Kita jaga dulu sampai tingkat hunian sampai 90 persen, baru lepas izin baru. Kita harus berani seperti itu,” serunya.

Pernyataan Rai Suryawijaya diamini Dekan Fakultas Pariwisata Unud, Nyoman Sunarta. Menurutnya, di luar Bali seperti di Yogyakarta harga hotelnya lebih mahal dibanding di Bali. Padahal secara kualitas lebih baik yang ada di Bali. Kata dia, jangan hanya menjaga tingkat hunian kamar tinggi tapi nilai belanja tamunya kecil. “Jangan jaga harga hotel saja, tapi jaga juga harga diri orang Bali sebagai penjaga alam Bali,” pungkasnya. (107)

Baca juga :  Vaksinasi Difabel di Getakan Sasar 47 Jiwa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini