Calon Petahana Wajib Lakukan Ini Selama Kampanye

Gde John Darmawan

Renon, DenPost

 

Para kepala daerah petahana yang kembali bertarung dalam Pilkada Serentak 2020 wajib cuti selama masa kampanye. Hal ini sedikit berbeda dengan aturan sebelumnya di mana mereka hanya cuti saat mengikuti kampanye. Hal tersebut diutarakan anggota KPU Bali, Gde John Darmawan; dan IGN Agus Darmasanjaya saat ditemui, Rabu (22/1).

 

Menurut John, pada pilkada sebelumnya memang kepala daerah petahana tidak harus cuti selama masa kampanye yang relatif panjang. Kapan mereka ingin kampanye, pada saat itu saja mengajukan cuti di luar tanggungan negara. “Jadi, misalnya calon itu mengambil kampanye dua hari pada saat jam kerja, ya cutinya dua hari. Nah, aturan yang digunakan sekarang itu mereka cuti selama masa kampanye,” kata dia.

Baca juga :  Ratusan Kotak Suara di Jembrana Mulai Dirakit

 

Lebih jauh diutarakan, yang dimaksud jam kerja adalah dihitung hari kerja berjalan normal yakni Senin sampai Jumat. Berhubung Sabtu dan Minggu libur, mereka tidak perlu mengajukan cuti. “Tapi tidak cuti bukan berarti mereka bisa menggunakan fasilitas yang disediakan negara lho ya. Cuti itu maksudnya tidak bekerja seperti biasa, sedangkan fasilitas yang melekat ke calon itu seperti mobil dinas, rumah jabatan, ajudan dan lain-lain itu tetap tidak digunakan selama kampanye,” urainya. (107)

Baca juga :  Di Denpasar, Penjaringan Balon Golkar Sepi Peminat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini