Rumawan Salain: Orangtua Harus Proaktif

0
15

Denpasar, DenPost

Aksi kriminal yang dilakukan anak di bawah umur di Kota Denpasar, cukup mengkhawatirkan. Kasus terbaru, diringkusnya belasan anggota geng motor Dongki oleh Satreskrim Polresta Denpasar.

Komplotan yang beranggotakan pelajar SMP dan SMA ini sejak lama terlibat kasus kriminal di Denpasar. Tak hanya menjambret, mereka kerap membegal pemotor pada malam hari. Yang mengejutkan, uang hasil kejahatan mereka itu digunakan membeli minuman keras (miras) dan narkoba. “Ini harus menjadi perhatian kita bersama, terutama orangtua. Karena jika tidak dicegah, kasus kriminal yang melibatkan pelajar akan terus meningkat,’’ kata pengamat pendidikan, Prof. Putu Rumawan Salain, Kamis (23/1).

Baca juga :  Eropa Diprediksi Bakal Gantikan Posisi Tiongkok

Menurut Rumawan Salain, kondisi jiwa yang masih labil yang membuat para anak tidak sadar atas apa yang mereka lakukan. “Mereka belum matang secara emosional, sehingga ketika dihasut berbuat hal-hal yang melanggar hukum jadi mudah terpancing. Hal ini terjadi karena lingkungan pergaulan yang buruk juga,” kata Rumawan Salain.

Lebih lanjut kata Rumawan Salain, orangtua seharusnya bersikap ekstrahati-hati dan memantau secara rutin setiap tahap perkembangan anaknya. “Orangtua harus proaktif dalam memonitor perkembangan anak. Selain itu, masyarakat juga harus ikut mengawasi agar para penerus bangsa ini tidak salah jalan,” pungkasnya. (123)

Baca juga :  Jaya Negara Dirawat di RSUD Wangaya, Ini Keluhan Sakitnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini