Waspada, Gelombang Tinggi Masih Bisa Terjadi

Waspada, Gelombang Tinggi Masih Bisa Terjadi

Kuta, DenPost

Gelombang tinggi di sejumlah perairan di Bali dalam dua hari ke depan masih bisa terjadi. Hal itu berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III.
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan, memaparkan, cuaca secara umum cerah berawan. Di mana terdapat potensi hujan ringan-sedang di Bali bagian utara, barat, timur dan tengah.
Sedangkan suhu udara berkisar 23 hingga 34 c. Dengan kelembaban udara berkisar 60-93 persen.

Baca juga :  Akan Dijadikan Objek Wisata, Pantai Nyang-nyang Minim Fasilitas

Untuk tinggi gelombang, lanjut Taufik, di wilayah Bali utara kata dia berkisar 0,5-1,25 meter. Sedangkan di perairan selatan berlisar 1-2 meter. “Di selat bali dan selat Lombok berkisar 0,5 hingga 2 meter,” imbuhnya. Kondisi ini disebabkan karena sebagian besar wilayah Bali masuk musim hujan. Selain itu terdapat konvergensi angin di wilayah Bali yang mendukung pembentukan awan hujan.

Untuk prediksi cuaca 3 hari ke depan, menurut Taufik masih berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang. Yang perlu diwaspadai adalah potensi gelombang laut mencapai 2 meter di wilayah Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan dan Samudra Hindia selatan Bali. Pihaknya mengimbau masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari mewaspadai angin kencang dan potensi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar Perairan Selatan Bali. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini