Pemandu Tamu Mulai Rasakan Penurunan Kunjungan Turis Tiongkok

0
10
NAIK BOAT - Sejumlah turis Tiongkok yang hendak naik boat dari lokasi penyeberangan Pantai Matahari, Terbit, Sanur, menuju Lembongan, Jumat (24/1) ini.

Sanur, DenPost

Merebaknya virus corona di Tiongkok belakangan ini, mulai berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali. Meski masih ada turis Tiongkok yang datang, namun jumlahnya tidak seramai sebelum virus tersebut menyebar. Pantauan di penyeberangan Pantai Matahari, Terbit, Sanur, Jumat (24/1), sejumlah turis Tiongkok yang dipandu guide (pramuwisata) mengantre naik boat menuju Lembongan. Tapi jumlah mereka tidak seramai hari-hari biasa. Apalagi Provinsi Wuhan di Tiongkok, sebagai tempat awal mewabahnya penyakit mematikan ini,  diisolir agar warganya tidak pergi ke mana-mana.

 

Baca juga :  Hari Ini, Sampel Lab Warga Jepang Diambil

Menurut seorang pramuwisata, Wiwik, jumlah kunjungan turis Tiongkok ke Bali sejak beberapa pekan terakhir ini memang menurun. Dia yang biasanya menangani rata-rata 30 turis Tiongkok tiap hari, namun Jumat ini jumlahnya menurun. ‘’Kunjungan turis China ke Bali memang menurun akibat pengaruh virus corona di sana. Pemerintah China juga mewanti-wanti warganya jika bepergian ke luar negeri,’’ terangnya.

 

Wiwik menambahkan, ternyata tak semua warga Tiongkok berdiam diri di negaranya, karena mereka memang jauh-jauh hari menjadwalkan berlibur ke Pulau Dewata, walau virus corona merebak. ‘’Mereka tetap nyaman dan aman berwisata di Bali. Mereka sehat-sehat semua, sehingga Bali juga bisa aman dari virus corona,’’ katanya.

Baca juga :  Frekuensi Sidak Prokes Jadi Empat Kali Sehari

 

Hal serupa disampaikan pramuwisata lainnya, Nyoman Sujana. Pria asal Gianyar ini mengaku kunjungan turis Tiongkok ke Bali memang menurun cukup tajam. Sujana yang kerap menangani turis Tiongkok, pada Jumat ini agak santai mengantar tamu karena jumlahnya tidak banyak. ‘’Banyak juga penundaan kunjungan turis China ke Bali. Mereka mungkin tak berani kemana-mana di negaranya. Namun ada juga yang sengaja ke Bali agar terhindar dari virus corona,’’ beber Sujana.

Baca juga :  Langgar Prokes, Puluhan Warga Didenda Tim Yustisi

 

Pantauan di sepanjang Pantai Matahari Terbit, Sanur, aktivitas penyeberangan ke ketiga pulau di Klungkung  itu memang tak sepadat hari-hari biasanya. Sebelum virus corona merebak, turis Tiongkok yang ingin menikmati keindahan pantai Nusa Lembongan sangat banyak. Antrean di loket tiket  maupun di pinggir pantai sangat panjang. (101)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini