Ini Tips Hindari Virus Corona

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, dr. I Ketut Sudartana.

Sanglah, DenPost

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, dr. I Ketut Sudartana, Jumat (24/1) mengatakan, hingga saat ini belum merawat pasien yang positif terjangkit virus Corona, baik warga negara asing maupun warga negara Indonesia. Kendati begitu, penting baginya agar masyarakat memahami penularan virus baru ini, sebab tidak ada gejala khusus untuk mengetahui seseorang positif Corona. “Orang lokal (WNI) belum ada cek (virus Corona),” katanya.

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 di Denpasar Tembus 100 Orang

 

Ia menerangkan, penularan virus ini hampir sama dengan virus umumnya yang berlangsung melalui udara, sehingga, untuk mengetahui seseorang positif Corona harus dilakukan swab melalui tenggorokan dan rongga hidung. Ia berbagi tips untuk menghindari virus ini. Pertama, menjaga pola makan, kecukupan gizi, dan bila perlu mengonsumsi vitamin. Kedua, masyarakat diharapkan menjaga kebugaran dengan rutin berolahraga. “Virus menyerang saat tubuh lemah,” ujarnya.

 

Baca juga :  33 Pasien Covid-19 Sembuh di Denpasar

Ia menambahkan, RSUP Sanglah telah meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi fenomena ini. Guna mewaspadai  lonjakan pasien, pihaknya telah menyiapkan ruangan, obat-obatan dan paramedis. “Standar Prosedur Operasional (SPO) juga sudah disiapkan. Saya rasa kalau ada yang dicurigai, akan kirim ke Sanglah, karena kami punya ruang isolasi,” pungkas Sudartana. Hingga saat ini, pihaknya baru memeriksa tiga pasien WNA yang diduga terjangkit. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini