Waspada Virus Corona, Pelancong Wajib Lakukan Ini

Wagub Cok Ace

Renon, DenPost

Pemprov Bali memandang serius langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan meluasnya penyakit pneumonia yang disebabkan virus Corona. Salah satu upayanya yakni memeriksa kesehatan pelancong mancanegara yang masuk ke Bali melalui Bandara I Gustri Ngurah Rai. Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, menyampaikan hal itu dalam rilis resmi ke media, Kamis (23/1).

Pemprov Bali, jelasnya, sudah melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar, otoritas bandara dan pihak maskapai untuk deteksi dini wisatawan dari Tiongkok. Caranya dengan memasang thermo scanner (pindai suhu badan) di tempat kedatangan internasional. Kemudian, jelasnya, juga menyampaikan surat edaran ke pemerintah kabupaten/kota dan rumah sakit untuk kewaspadaan dini kasus penyakit pneumonia.

Baca juga :  3 Pasien Covid-19 Meninggal di Denpasar

“Menyiapkan rumah sakit untuk selalu siaga lengkap dengan sarana/prasarana, SDM, obat, dan pelayanan tempat isolasi jika ada kasus suspect (diduga) pneumonia,” urai politisi yang akrab disapa Cok Ace tersebut.

Jika ditemukan ada kasus, Cok Ace menyebut langkah mencegah penularan lebih lanjut adalah meminta para wisatawan untuk bersedia menjalani pemeriksaan di bandara. Dengan menyiapkan langkah-langkah taktis seperti itu, dia berharap para pelancong mancanegara dapat berkunjung ke Bali dengan rasa aman. (107)

Baca juga :  Swab PCR dan Keterangan Vaksin Jadi Syarat Masuk Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini