BPBD Bali Imbau Masyarakat Waspada Ini

Made Rentin

Renon, DenPost

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis potensi hujan lebat disertai kilat dan petir sepanjang 24-27 Januari 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Untuk cuaca ekstrem, ada lima hal yang harus diwaspadai,” kata Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Made Rentin, ketika dihubungi Jumat (24/1). Lima hal tersebut yakni angin kencang, tanah longsor, kilat/petir, gelombang tinggi, dan banjir. Dikatakannya, masyarakat harus waspada terhadap angin kencang dan pohon tumbang. “Hindari parkir kendaraan di sekitar pohon yang rawan tumbang. Bagi pengguna jalan waspadai ranting atau dahan yang berpotensi patah,” sarannya.

Baca juga :  Koster Jamin Bali Tak Kekurangan RS Rujukan dan Isoter

Saat hujan lebat, kata Rentin, hindari berteduh di bawah pohon. Jangan berada di sawah, lapangan atau hindari tempat terbuka. Jauhi tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.

Selain itu, Rentin juga mengingatkan terhadap ancaman gelombang tinggi. Kata dia, masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari diimbau selalu waspada. Sebab, gelombang air laut bisa mencapai 2 meter di utara dan selatan Bali.  “Intinya masyarakat harus selalu waspada. Dan selalu siap siaga menghadapi bencana,” ujarnya. (106)

Baca juga :  Polisi Amankan Handycam dan Rekaman Penganiayaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini