Di Kongco Ini, Umat Hindu-Budha Jadi Satu

Pemogan, DenPost

Para umat Konghucu sejak dinihari telah melakukan persembahyangan serangkaian perayaan Imlex ke 2571, pada Sabtu (25/1). Di Denpasar, Kongco Dwipayana atau lebih dikenal Konco Tanah Kilap, menjadi tempat yang dipadati umat. Tidak saja dari umat Konghucu, Kongco ini juga didatangi umat Hindu yang hendak bersembahyang. “Di sini tempat menyatunya umat Hindu dan Budha. Ini kelebihannya di sini, dan imbang, bukan hanya satu dua umat Hindu yang datang,” ujar Ida Bagus Adnyana, Pengempon Kongco.

Baca juga :  WNA Positif Covid-19 Juga Idap Penyakit Kronis

Setiap tahunnya, ia melihat umat Hindu yang melakukan persembahyangan ke Konco selalu bertambah. Hal itu menurutnya merupakan tanda bahwa umat Hindu sangat menjunjung tinggi toleransi. Selain itu, ia menilai bahwa umat Hindu semakin sadar dengan sejarah dan cikal-bakal adanya Siwa-Budha. “Orang Bali sekarang sudah menyadari, bahwa dasar Bali adalah Hindu-Budha atau Siwa-Budha. Pura dan Klenteng itu ada kemiripan,” bebernya. Ia juga mengakui, di Kongco ini juga terdapat sejumlah palinggih.

Baca juga :  Rabu, 48 Orang Terpapar Covid-19 dan Dua Pasien Meninggal di Denpasar

Posisi Kongco yang dekat dengan Pura menurutnya juga merupakan simbol kedekatan umat Hindu dan Budha. “Jadi ada rasa kebersamaan, jadi misalnya dia ke Pura saja, belum lengkap kalau belum ke sini (Kongco). Adnyana menambahkan, terlibatnya umat Hindu dalam persembahyangan di Kongco berlangsung secara rutin sejak awal berdirinya Kongco tersebut pada 1999. “Cara sembahyang juga tidak ditekankan. Mau secara chinese silakan, mau secara Bali silakan. Karena sembahyang itu soal rasa,” pungkasnya. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini