Pembatasan Sampah Plastik, Pengawasan Distributor Terus Digenjot

0
26
Renon, DenPost

Pelaksanaan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai terus digenjot. Kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sudah semakin baik.

“Pengawasan terhadap distributor terus tancap gas. Penegakan hukum dengan Satpol PP pemprov maupun Satpol PP kabupaten/kota juga digalakkan,” ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja, ketika dihubungi, Sabtu (25/1).

Ia menjelaskan, dari hasil sidak ke beberapa tempat, tampak kesadaran masyarakat semakin baik terhadap penggunaan kantong plastik sekali pakai. Menurutnya, ada perubahan prilaku masyarakat. Ada pengurangan pemakaian kantong plastik di pasar-pasar modern rata-rata 85/95 persen.

Baca juga :  Bali Vaksinasi Perdana, Sejumlah Petinggi Gagal Penuhi Syarat

“Sudah ada penurunan. Artinya untuk penggunaan plastik sekali pakai ini sudah baik. Sisanya kami akan tancap gas terus di kabupaten/kota. Sebab, untuk masyarakat masalah ini belum maksimal, khususnya pasar-pasar tradisional di kabupaten/kota. Untuk tahun ini kami akan tancap gas untuk sosialisasi. Pengawasan distributor juga tancap terus, dan penegakan hukum dengan Satpol PP kabupaten/kota  dan provinsi juga digalakkan,” jelas Made Teja.

Baca juga :  Penanggulangan Covid-19, Bantuan Berbagai Pihak Bermunculan

Ia mengakui ada kendala dalam pelaksanaan Pergub No. 97 Tahun 2018 tersebut. Karena itu, pihaknya akan kerja keras lagi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di kabupaten/kota secara opersional. Juga dengan desa dinas, desa adat se-Bali. “Tentunya masyarakat yang paling utama, yakni bagaimana agar terjadi perubahan prilaku mengurangi penggunaan plastik sekali pakai secara bertahap. Akan terus dilakukan pembinaan pengawasan di semua tingkatan masyarakat di Bali,” tandasnya. (106)

Baca juga :  Kadis Pertanian Gede Ambara Putra Berpulang

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini