Ini Jenis dan Manfaat Masker Mulut

0
35

Sanur, DenPost

Masker mulut menjadi salah satu perlengkapan medis yang sangat akrab dengan keseharian masyarakat. Khususnya di Bali, penggunaan masker mulut kian sering digunakan, terlebih pascaberedarnya kabar soal virus Corona. Itu disebabkan karena masker dipandang efektif mencegah penyakit menular seperti influenza dan tuberkolosis. Hal tersebut juga diakui Direktur Utama Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM), dr. Bagus Darmayasa.

Hanya saja, ia menilai bahwa penggunaan masker masih dilakukan oleh orang sakit atau pembawa penyakit menular yang sangat berbahaya. Padahal, pemakaian masker untuk mencegah penularan penyakit pada orang lain melalui udara. Dia menjelaskan, dalam dunia kesehatan dikenal dua jenis masker, yakni masker biasa dan masker respirator N95. “Masker biasa ini maksudnya masker bedah, yang umum digunakan masyarakat umum. Bagian luar berwarna hijau muda,” paparnya.

Baca juga :  Membandel, Pedagang di Jl. Kartini Dibubarkan Satpol PP

Tetapi perlu diingat, kata dia, masker ini tidak didesain untuk menyaring partikel dan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil, termasuk virus influenza dan bakteri turbekulosis. Oleh karena itu, orang yang sehat tidak disarankan untuk menggunakan masker jenis ini dan cukup hanya orang yang sakit saja. Sedangkan masker respirator N95, lanjut Darmayasa, masker jenis ini merupakan alternatif bagi orang sehat untuk berinteraksi dengan orang sakit.

Baca juga :  Satpol PP Tegur Warga Tak Pakai Masker

“Disebut N95 karena dapat menyaring hingga 95 % dari keseluruhan partikel yang berada di udara. Bentuknya biasanya setengah bulat dan berwarna putih, terbuat dari bahan solid dan tidak mudah rusak. Pemakaiannya juga harus benar-benar rapat, sehingga tidak ada celah bagi udara luar masuk,” bebernya. Hanya saja masker N95 ini memiliki kekurangan, karena desainnya yang rapat membuat pengguna merasa sesak, selain itu relatif lebih mahal dari masker biasa. (wir)

Baca juga :  Covid-19 di Denpasar, 15 Pasien Sembuh dan Positif 16 Orang

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini