Wabup Suiasa Ajak Warga Jaga Kesucian Balai Banjar

KARYA - Wabup Suiasa saat menghadiri Karya Mupuk Pedagingan Wraspati Kalpa di Br. Umahanyar Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal, Jumat (24/1).

Darmasaba, DenPost

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, mengajak warga menjaga nilai-nilai kesucian balai banjar sebagai tempat untuk menghasilkan keputusan dan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini ditegaskan Suiasa saat menghadiri Karya Mupuk Pedagingan Wraspati Kalpa Agung Pedudusan Alit lan Ngenteg Linggih, di Br. Umahanyar,Desa Darmasaba, Abiansemal, Jumat (24/1). Karya yang dipuput Ida Pedanda Griya Jadi Kediri dan Ida Pedanda Griya Tunjuk Tabanan diawali dari tanggal 29 Desember 2019 yang lalu dan puncaknya jatuh pada 25 Januari 2020. Dalam pelaksanaan karya tersebut Suiasa melakukan persembahyangan di Padmasana Pura Melanting sebagai simbol upacara saksi yang disertai dengan menyerahkan dana upacara dari Pemkab Badung sebesar Rp450 juta kepada manggala karya.

Baca juga :  Suiasa Kunjungi Masyarakat Terkena Musibah di Desa Taman dan Bongkasa

Suiasa dalam sambutannya mengungkapkan, selaku Guru Wisesa merasa bangga karena masyarakat sudah mampu melaksanakan swadharma yang utama di tataran kehidupan beragama. Wabup juga mengimbau masyarakat untuk  menumbuhkan sifat saling menghargai satu sama lain. “Dalam Agama Hindu kita mengenal tiga konsep keseimbangan yang harus diterapkan untuk mencapai kedamaian dan keharmonisan yang disebut dengan Tri Hita Karana, antara lain tata sukerta agama, tata sukerta pawongan dan tata sukerta palemahan. Upacara yang dilaksanakan krama Br Umahanyar Darmasaba masuk dalam konsep tata sukerta agama yaitu menjaga hubungan manusia dengan Sang Hyang Pencipta. Ini sebagai sarana wujud bakti atas segala karunia dan berkah yang sudah dilimpahkan kepada semua warga,” imbuh Suiasa.  (a/115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini