Virus Corona Merebak, Investasi Bernaker Tiongkok Diharap Dikaji Ulang

Umar Ibnu Alkhatab

Kereneng, DenPost

Terkait merebaknya virus Corona di berbagai tempat, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali meminta para kepala daerah dan semua pihak mengambil langkah untuk mencegah berkembangnya virus tersebut. Ada lima hal yang didorong Ombudsman RI Perwakilan Bali.

“Pertama, menyiapkan komunikasi krisis agar masyarakat mengetahui ke mana mereka harus berhubungan segera jika wabah mulai meluas dan bagaimana mengurangi risiko terjangkit virus Corona, ” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Senin (27/1).

Baca juga :  Rangkaian HUT PDIP Diagendakan Kompetisi Berkearifan Lokal

Kedua, kata dia, mengkaji ulang kesepakatan-kesepakatan investasi yang mensyaratkan penggunaan tenaga kerja asing asal Tiongkok dan menyiapkan skema mitigasi. “Ini penting untuk mengantisipasi risiko meluasnya wabah virus Corona di area-area proyek investasi asal Tiongkok dan mengurangi dampak ekonomis akibat terganggunya aktivitas investasi, ” jelasnya.

Ketiga, mengidentifikasi dan menyiapkan skema perlindungan bagi penduduk Indonesia yang berada di Tiongkok, baik pekerja migran, pelajar, dan lainnya, maupun di wilayah negara lain yang terindikasi terkena serangan (suspected country). Keempat, segera menyesuaikan standar pelayanan, termasuk terhadap BPJS, untuk memastikan pasien terjangkit wabah tetap dapat terlayani.  “Kelima, melakukan pemutakhiran berkala dan mempublikasikan perkembangan keadaan berdasarkan tingkat kedaruratan, terutama di area-area rawan, agar bisa memberikan kewaspadaan dan ketenangan bagi publik, ” tandas Umar. (106)

Baca juga :  Syaratnya Prokes Ketat, Pawai Ogoh-ogoh Akan Digelar di Denpasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini