Nengah Madiadnyana: Kelola Sekolah Seperti Naik Sepeda

Nengah Madiadnyana

KEMAJUAN lembaga pendidikan terbanyak ditentukan kualitas SDM gurunya dan pola kepemimpinan. Menurut Ketua YPLP PGRI Kota Denpasar, I Nengah Madiadnyana, Senin (27/1), pemimpin sangat menentukan berhasil tidaknya suatu organisasi, karena pemimpin itu yang menentukan dan mengambil kebijakan strategis.

Termasuk dalam mengelola sekolah, kata Madiadnyana, pemimpin harus cerdas. Ia berprinsip mengelola sekolah itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, kita harus terus bergerak. Keseimbangan yaitu bahwa agar kita bisa terus hidup secara normal maka kita harus terus bergerak alias bekerja.

Baca juga :  Video Tausiah Desak Made Dharmawati, Ini Tanggapan Bandesa Agung MDA Bali

Ia juga selalu mengingatkan para guru jangan menjadi guru di mata siswa, tapi jadilah guru di hati siswa. Artinya tanpa kehadiran guru, siswanya tetap disiplin. Untuk bisa mewujudkan sekolah, kata Madiadnyana, guru wajib memiliki ATM yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi. Makanya dia rutin mengajak kasek dan guru sekolah PGRI melakukan studi banding ke luar negeri untuk mengamati, meniru dan memodifikasi keunggulan milik orang lain untuk diterapkan di sekolah masing-masing.

Baca juga :  Kasus Positif Menjadi 359, Pasien Sembuh 71,59 Persen

“Saatnya sekolah PGRI kini fokus pada kualitas bukan lagi kuantitas. Ketika kualitas tercapai, saat itu kesejahteraan tercapai,” tegasnya. (pus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini