Krisis Air Bersih di Dawan Meluas

Semarapura, DenPost

Krisis air bersih di wilayah Dawan, Klungkung meluas. Krisis air bersih tidak hanya terjadi di Desa Besan, namun juga di Dusun Gelogor, Desa Pikat, Dawan. Sedikitnya ada 87 warga di dusun setempat yang kesulitan air bersih. Bahkan warga terpaksa secara bergilir atau antre mencari air hingga malam karena kondisi debit air di sumber mata air di dusun setempat sudah mengecil.

Baca juga :  Diduga Aniaya WIL, Seorang Kadus Dipolisikan

Kondisi ini terlihat di sumur Tangkid Dalem di Dusun Gelogor. Sejumlah ibu-ibu bergilir mencari air menggunakan jerigen dan galon dari sejak pagi. Sambil menunggu giliran mendapatkan air, mereka ada yang mengisi kesibukan dengan membuat ceper. “Saya dari pukul 08.00 sudah mencari air di sini. Tapi karena debit airnya kecil, saya hanya dapat tiga ember dalam sehari,” ujar Nyoman Sutri, Selasa (28/1).

Baca juga :  Lewati Masa Isolasi Mandiri di Rumah, Enam PMI Mengarah Positif Covid 19

Perbekel Pikat, Wayan Navy Sudarsa mengatakan sudah menyiapkan air dari sumur bor yang ada di lapangan umum Pikat untuk warga di Dusun Glogor. Hanya saja karena lokasinya cukup jauh yakni sekitar satu kilometer, warga enggan mencari air di tempat yang telah sediakan. Sementara untuk mengatasi kesulitan air bersih warga di Dusun Gelogor, Wabup Klungkung, Made Kasta langsung mengintruksikan petugas BPBD untuk mensuplay air ke Gelogor. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini