Hemat Pengeluaran Saat Transaksi Jual Beli  Sapi, Badung Lakukan ini

Peternak sapi di kawasan Badung Utara

Mangupura,DenPost

Program Pemerintah Kabupaten Badung untuk mensehaterakan para petani dan peternak di Kabupaten Badung, benar-benar dijabarkan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung. Bahkan sejumlah inovasi telah dilakukan Pmerintah Kabupaten Badung untuk memajukan Pertaniannya. Setelah sukses membuat program di bidang pertanian untuk mensejah terakan petani, dibidang peternakan juga tak kalah penting. Bahkan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung merancang pembangunan vila sapi  dan menjadikan kawasan Desa Belok Sidan menjadi sentra sapi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Wayan Wijana mengatakan, pihaknya akan membangun vila sapi untuk para peternak bertransaksi jual beli sapi di kawasan Badung Utara kususnya kawasan Belok Sidan, Catur dan Kintamani. “Pembangunan vila sapi ini nantinya akan dibangun oleh 15 kelompok peternak disana akan dibuatkan seperti transaksi yang lebih sederhana dan menguntungkan para peternak sapi. Vila sapi ini akan memangkas rantai penjualan yang terlalu panjang. Jadi para peternak dan penjual akan direct langsung tanpa ada lagi perantara. Selain itu menghemat jarak tempuh para peternak sapi di Belok Sidan ke Pasar Berinkit sehingga peternak tidak kesana lagi cukup bertransaksi di vila sapi itu,”ujarnya.

Baca juga :  Kasus Gantung Diri di Jembatan Bangkung, Korban Diduga Anggota TNI

Lebih lanjut Birokrat asal Kelurahan Sading ini mengatakan, program ini disebut vila sapi karena sapi-sapi yang akan dijual bisa diinapkan disana dan para pemilik sapi memberikan kontribusi ke pengelola vila sapi untuk memberikan makan serta biaya penginapan sebelum sapi tersebut laku terjual. “Vila sapi ini di Bali baru ada dua yakni di Kawasan Karangasem dan Kita di Badung . program ini juga bekerja sama dengan pihak Bank Indonesia (BI) dan menjadi Binaan BI,’’terangnya.

Apakah ini tidak mematikan Pasar beringkit ?, ditanya begitu, Wijana mengatakan, sangat tidak mematikan Pasar Beringkit karena ini berlaku hanya di kawasan Badung Utara saja di kawasan Belok Sidan dan sekitarnya seperti di kawasan Desa Catur dan Kintamani. “Kalau di Pasar Beringkit itu kan peruntukannya untuk Bali, kalau vila sapi hanya di Badung saja,”paparnya. (115)

Baca juga :  Pantai Pandawa Dibuka Kembali, Pengelola Gratiskan Tiket Masuk