Dir.RSBM dr.Bagus Darmayasa: Cegah Penyakit Menular dengan Cuci Tangan

PENYAKIT menular dapat menular melalui berbagai media, salah satunya lewat media tangan. Karenanya sangat penting mencegah penyakit menular dengan cara hand hygiene (cuci tangan). Hal tersebut untuk mengontrol dan mencegah terjadinya infeksi bakteri.

Menurut Direktur Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) dr.Bagus Darmayasa, Jumat (31/1) kemarin, perilaku mencuci tangan haruslah menjadi kebiasaan setiap orang. Upaya seperti ini bisa dilakukan dengan mengajarkan anak hidup sehat sejak dini, sehingga kebiasaan itu bisa terbawa hingga mereka dewasa.

Baca juga :  Razia Beberapa Jam, Tim Yustisi Denda 27 Pelanggar

Upaya mencuci tangan ini menarik perhatian Direktur RSBM  saat turut mengadakan penyuluhan kesehatan tentang cuci tangan  di hadapan para pengunjung yang antre untuk giliran diperiksa.

Menurut dr.Bagus, cuci tangan bagi tenaga rumah sakit adalah proses pembersihan kotoran dan mikroorganisme pada tangan yang didapat melalui kontak dengan pasien, petugas lain, dan permukaan lingkungan (flora transien) menggunakan handrub berbasis alkohol maupun handwash dengan air mengalir.

‘’Cuci tangan setiap saat ini mesti kita gaungkan juga di rumah tangga atau lingkungan masing-masing sehingga menjadi kebiasaan bagi kita semua,’’ tandasnya. (yad)

Baca juga :  Dokter Bagus Darmayasa: Bukan Salah Jurusan, Melukis Hanyalah Hobi