Cegah Penyakit Ternak Babi, Petugas Keswan Gencar Sosialisasi

Cegah Penyakit Ternak Babi, Petugas Keswan Genjar Sosialisasi

Negara, DenPost
Hingga Jumat (31/1) belum ada babi mati misterius di Jembrana. Walau demikian, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana khusus tim kesehatan hewan (keswan) tetap melakukan langkah antisipasi.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, I Wayan Widarsa, Kamis (30/1) sore mengatakanpara  peternak di Jembrana melakukan berbagai langkah antisipasi dan pencegahan penyakit pada babi.
Terlebih kebutuhan daging babi akan meningkat menjelang Galungan dan Kuningan.
Widarsa mengatakan bahwa pihaknya sudah turun ke masyarakat. Sedangkan di setiap kecamatan ada dokter hewan dan medis veteriner yang bertugas, sehingga merekalah yang rutin turun ke peternak.
Untuk di masing-masing kecamatan dan sentra peternakan babi, pihaknya juga mengumpulkan warga dan peternak babi. Pada peternak besar maupun rumahan serta kelompok penerima bantuan ternak babi ini, dilakukan  langkah komunikasi informasi dan edukasi. Dengan demikian mereka bisa melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah penularan penyakit. (120)

Baca juga :  Jembatan Timbang Cekik Sediakan Ribuan Rapid Test Gratis Bagi Awak Logistik