Di Jembrana, 18 Orang Idap Kusta

Di Jembrana, 18 Orang Idap Kusta
HARI KUSTA - Peringatan Hari Kusta Sedunia yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas II Negara, Desa Pengambengan, Jumat (31/1). DenPost/witari

Negara, DenPost
Saat ini tercatat ada 18 orang menderita kusta di Jembrana. Penderita kusta itu seluruhnya telah mendapat penanganan. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, saat peringatan Hari Kusta Sedunia di UPTD Puskesmas II Negara, Desa Pengambengan, Jumat (31/1/2020) mengatakan Pemkab Jembrana melalui Dinas Kesehatan mengajak seluruh warga menghapus stigma negatif serta diakriminasi terhadap penderita kusta beserta keluarga.
“Penderita kusta akan sembuh jika minum obat secara teratur. Saat ini obat kusta tersedia di seluruh puskesmas se- Kab Jembrana. Pasien juga tidak dipungut biaya atau gratis. Jadi masyarakat jangan khawatir,” tegas Arisantha.
Dijelaskannya, kusta tergolong penyakit menular menahun disebabkan kuman mycobacterium leprae. Proses penularan terjadi dalam waktu lama saat kontak terus menerus penderita kusta yang tidak mendapat pengobatan dengan orang lain yang sehat.
Pada peringatan tahun ini juga dilaksanakan gerakan “Ayo Temukan Bercak” yang dilaksanakan seluruh puskesmas se-Jembrana. Tujuannya menemukan penderita kusta sedini mungkin sehingga penanganannya lebih cepat.
(120)

Baca juga :  Cari Ikan, Warga Yehembang Tenggelam di Perairan Gilimanuk