Rektor Unud “Launching” Mata Kuliah Online “Digital Society”

Rektor Unud
MATA KULIAH ONLINE - Rektor Unud saat meluncurkan mata kuliah online digital society.

Jimbaran, DenPost

Era digital yang disebabkan perkembangan teknologi informasi komunikasi menyebabkan transformasi di segala bidang, termasuk transformasi industri dan juga transformasi di kalangan masyarakat alias society 5.0 dan revolusi industri 4.0.  Untuk menjawab tantangan era digital ini, Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) meluncurkan mata kuliah online atau daring yaitu digital society di ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Jumat (31/1/2020.

“Melalui mata kuliah online ini, kami berusaha memberikan pengalaman belajar baru kepada mahasiswa Unud yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bahagia. Hal ini sejalan dengan konsep Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yaitu merdeka belajar di kampus”, ungkap Rektor Unud.  Mata kuliah ini akan memberikan suasana baru bagi mahasiswa. Mahasiswa bisa belajar di mana saja, kapan saja, dengan berbagai ragam media pembelajaran, serta materi yang bervariasi dalam bentuk video, teks, slide, online book, dsb. Mereka belajar melahirkan kemerdekaan berpikir mahasiswa Unud untuk menghasilkan kreativitas dan inovasi dalam bentuk proyek sederhana guna menjawab target sustainable development goals (SDGs) PBB dan relevan dengan bidang studi mereka.

Baca juga :  Bersih-bersih Bale Banjar, Sutapa Tewas Disapu Expander

Inovasi proyek ini dikerjakan berkelompok dari berbagai disiplin ilmu, untuk melatih mahasiswa agarmampu berkolaborasi dalam memecahkan masalah. Lebih lanjut, melalui mata kuliah digital society ini, Unud mengupayakan mahasiswa memiliki skill – skill baru yang diperlukan oleh industri di era digital seperti kemampuan menganalisa kritis, dan berpikir komputasi.  ‘’Kami percaya bahwa Mata kuliah ini juga akan memberikan dampak kepada mahasiswa Unud yaitu membekali mereka dengan literasi digital, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia, karena mahasiswa akan mempelajari 12 topik yang dibutuhkan di masa depan, seperti budaya digital, komunikasi digital, dan digital leadership. Dengan demikian, akan melahirkan talenta–talenta digital di Unud.

Mata kuliah ini bisa diakses pada portal Online Academic Service for Elearning (oase) yaitu http://oase.unud.ac.id/.  (113)

Baca juga :  Benahi Pariwisata, Gubernur Koster Komit Perkuat Budaya Bali