Teater Angin Tampil Memukau dalam Peringatan Bulan Bahasa Bali 

0
33

 

Sumerta, DenPost

Hari kedua peringatan Bulan Bahasa Bali 2020, menampilkan pementasan drama dari Teater Angin SMAN 1 Denpasar. Bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, pada Minggu (2/2), teater bertajuk “Katemu Ring Tampaksiring” memukau puluhan penonton.

Ketua Teater Angin Smansa Denpasar, Nyoman Panji Darmajaya mengungkapkan bahwa teater itu mengisahkan pertemuan seorang wartawan asal Belanda dengan gadis penjual souvenir di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, saat kunjungan Ratu Belanda ke Bali. Tak kuasa memendam perasaan cintanya, wartawan itu akhirnya mengungkapkan kepada sang gadis. Hanya saja, gadis itu tak memberikan jawaban. Wartawan itu kemudian meminta restu kepada ibu si gadis hingga akhirnya dia dicecar sejumlah pertanyaan.

Baca juga :  Covid-19 Masuk Pemprov Bali, PNS Diminta Waspada

Wartawan itu diminta menunjukkan foto sang ayah, sebab ibu gadis tersebut memiliki masa lalu dengan suaminya yang berasal dari Belanda. Betapa kagetnya ibu sang gadis saat melihat foto tersebut, ternyata ayah wartawan itu adalah mantan suaminya. “Singkatnya antara wartawan Belanda itu dengan si gadis adalah saudara. Konfik dan kisah cintanya berakhir sampai di sana,” ujarnya.

Siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Denpasar ini mengatakan, kisah ini merujuk kepada novel dengan judul yang sama. “Kami kebetulan dilatih oleh alumni Teater Angin dalam penggarapan naskah dan drama selama dua minggu. Di sekolah juga pakai Bahasa Bali. Hari Kamis juga wajib berbahasa Bali. Jadi tidak terlalu kaku untuk dialog berbahasa Bali,” jelasnya.

Baca juga :  Enam Los Pedagang Daging Ayam Potong di Pasar Badung Ditutup

Menyambung keterangan Nyoman Panji, Kasek SMAN 1 Denpasar, M Rida mengungkapkan, untuk mengimplementasikan pelestarian bahasa, aksara, dan sastra sudah  diterapkannya di lingkungan SMAN 1 Denpasar, melalui ekstrakurikuler seni lontar, karawitan, tembang Bali. “Kami berharap, kegiatan semacam ini digelar secara konsisten,” tegasnya. (wir)