Efek Virus Corona, Kunjungan Turis ke Nusa Penida Anjlok

WISMAN - Kunjungan wisman Nusa Lembongan sebelum merebaknya virus corona. Namun belakangan ini kunjungan turis anjlok. DenPost/dok

Semarapura, DenPost

Efek penyebaran virus corona mulai mempengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Nusa Penida, Klungkung. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Nengah Sukasta, kunjungan wisatawan (turis) khususnya Tiongkok ke Nusa Penida anjlok. Bahkan sejak Minggu (2/2/2020), wisatawan yang berkunjung ke Lembongan hanya 15.

“Dua hari terakhir ini sangat menurun. Pada 3 Februari sebanyak 70 orang yang berkunjung ke Lembongan,” ujar Nengah Sukasta, Selasa (4/2/2020).

Baca juga :  Sejumlah Nakes Positif Corona, RS Ganesha Tak Bisa Ditutup

 

Dia mengakui jumlah wistawan yang berkunjung ke Lembongan selama ini didominasi wisatawan Tiongkok. Malah ketika hari normal, jumlah wisatawan yang berkunjung bisa di atas 1.000. Dengan kondisi sekarang, Sukasta mengatakan hanya bisa berdoa agar persoalan virus corona cepat berakhir.

 

“Kalau dampaknya pasti ada. Cuma kita  lihat nanti empat belas hari ke depan bagaimana situasinya?” tegas Sukasta.

 

Sejauh ini, dia mengaku belum menerima keluhan secara langsung dari pelaku pariwisata terkait anjloknya kunjungan wisatawan ke Nusa Penida. Hanya dia berharap agar masyarakat berdoa agar virus corona cepat teratasi sehingga pariwisata di Klungkung, khususnya di Nusa Penida, normal kembali. (119)

Baca juga :  Pergi Setelah Rapid Test Reaktif, Ibu dan Anak Dikarantina