Puskesmas Dawan I Tangani 16 Kasus HIV/AIDS, Seorang Meninggal

0
18
TERIMA ARAHAN - Jajaran Puskesmas Dawan Satu di Desa Pikat, Dawan menerima arahan dari Wakil Bupati Klungkung Made Kasta selaku Ketua Harian KPA, Rabu (5/2/2020). DenPost/wia

Semarapura, DenPost

Kasus HIV/AIDS di Klungkung mulai merambah ke pelosok-pelosok desa. Faktanya,  UPT Puskesmas Dawan I selama tahun 2019 menangani 16 warga yang terjangkit HIV/AIDS. Menurut Kepala UPT Puskesmas Dawan I, dr. Ida Ayu Ketut Sri Handayani, salah satu warga yang ditangani di puskesmas setempat meninggal dunia akibat virus mematikan tersebut.

“Kami berharap Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) memberikan arahan dan bimbingan kepada kami di puskesmas untuk menanggulangi penyakit ini,” ujar dr. Ida Ayu Ketut Sri Handayani ketika menerima kunjungan rombongan KPA Klungkung yang dipimpin Wakil Bupati, Made Kasta, Rabu (5/2/2020).

Baca juga :  ASN di Klungkung Ngantor, Dicek Suhu Tubuh, Ketahuan Demam Dipulangkan

Made Kasta selaku Ketua Harian KPA Klungkung mengatakan bahwa kunjungannya ke Puskemas Dawan I untuk  mengintensifkan tugas KPA di setiap puskesmas.  Di samping itu memberikan pemahaman dan bimbingan agar memahami tugas masing-masing dan selalu berkoordinasi dengan KPA kabupaten dan Kepala Puskesmas.

Kasta juga berharap dengan program inovasi “Jaga Gerbang” yakni jangkau, siaga, gerakan fisik dan bangunkan jiwa, ini  bisa menangkal penyebaran HIV/AIDS sekaligus penanganan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). “Program Jaga Gerbang ini harus ditindaklanjuti dengan berusaha menjangkau ODHA di tengah sulitnya mendapat informasi keberadaan ODHA. Termasuk untuk membuka dirinya memberikan jalan keluar dan pengobatan serta tidak membuat malu,” tegas Made Kasta didampingi Sekretaris KPA, Wayan Sumananya. (119)

Baca juga :  Pencarian Korban Tenggelam Kerahkan Penyelam dan Seka Bleganjur