PHDI Karangasem Telusuri Aliran Bija Kuning di Padangbai

Pelinggih dan Ni Nengah Rustini

Amlapura,DenPost

Isu adanya pengikut aliran Bija Kuning , yang membuat pelinggih yang bersebelahan dengan kloset, di Padangbai, Karangasem, ditelusuri Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Karangasem. Hasilnya, isu tersebut ternyata benar.

Dimintai konfirmasi Rabu (5/2/2020), Ketua PHDI Karangasem Ni Nengah Rustini mengungkapkan bahwa pihaknya bersama penyuluh agama Hindu dan bendesa adat, akhirnya menemukan kebenaran isu tersebut. ” Bendesa adat  sudah menindaklanjuti,” terangnya.

Baca juga :  Kakak Adik Tenggelam di Sungai

Tak ingin sepenuhnya menyalahkan siapa-siapa, warga tersebut lantas diminta  mengganti kloset dengan kendi  yang dianggap lebih etis.

Pihak terkait belum menyebutkan berapa KK dan warga yang menjadi pengikut aliran Bija Kuning tersebut. “Yang jelas PHDI selalu mengambil langkah dan berkordinasi dengan pihak terkait,” ungkap Rustini.

Sebelumnya, ramai tersebar foto di medsos mengenai pelinggih yang berdampingan dengan kloset. Banyak yang menyebut foto tersebut berlokasi di Padangbai. Namun pihak terkait malah menemukan di beberapa wilayah di Bangli dan Buleleng.

Baca juga :  Hujan Deras di Karangasem, Sejumlah Pohon Tumbang

Isu beredar, sumber kepercayaan tersebut adalah dari salah satu tokoh spiritual atau balian di Padangbai, Karangasem, dan tinggal di Denpasar. Namun PHDI masih belum dapat memastikan terkait isu tersebut. “Yang jelas sudah ditindaklanjuti di Padangbai. Semoga tidak terjadi hal yang sama di tempat lain,” pungkasnya. (yun)