Jaga Lingkungan Bersih, Desa Adat Abianbase Berlakukan Ini

Jaga Lingkungan Bersih, Desa Adat Abianbase  Berlakukan Ini
BALIHO-Desa Adat Abianbase, Kecamatan Mengwi saat memasang spanduk larangan buang sampah sembarangan serta sanksi denda sebesar Rp 1,5 juta.

Mangupura,DenPost

Darurast sampah di Kabupaten Badung, membuat semua lini berbenah tidak hanya di desa dinas , tapi juga di di Desa Adat. Saat ini sejumlah Desa Adat di Kabupaten Badung mulai konsen dalam masalah penaganan sampah untuk menjaga lingkungan atau palemahan mereka tetap bersih. Seperti halnya di Desa Adat Abianbase, Kecamatan Mengwi , memberlakukan sejumlah hal untuk menertibkan masyarakatnya membuang sampah.

Bendesa Adat Abianbase, Made Sunarta, Jumat (7/2) mengungkapkan, untuk mesukseskan program pemerintah terkait penanggulangan sampah, pihak desa adat juga ikut memiliki peran. Untuk Desa Adat Abianbase pihaknya telah melakukan edukasi kepada krama adat agar tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan penaggulangan sampah ini telah dibuatkan perarem (aturan desa adat).”Bahkan kami juga memberlakukan denda kepada krama yang membuang sampah sembarangan yakni sebesar 1,5 juta. Kami melakukan edukasi dulu sebelum menerapkan denda ini selama tiga bulan ,”ujarnya.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Penyemprotan Disinfektan Berlanjut di Badung

Lebih lanjut dikatakan, dalam melakukan edukasi krama, prajuru adat   juga memasang baliho disejumlah tempat untuk pembuangan sampah . “Kita siapkan truk sampah yang dibantu pemerintah, krama bisa memuang sampahnya di lapangan Kelurahan dan sejumlah truk sudah standbay di sana. Jamnya juga sudah kita aitu yakni dari pukul 16.00 wita hingga pukul 18.00 wita,”terangnya. (115)