Reaksi Anggota DPRD Denpasar Terkait Menjamurnya Pelabuhan Lokal

Reaksi Anggota DPRD Denpasar Terkait Menjamurnya Pelabuhan Lokal

Dangri, DenPost

Sejalan dengan rencana pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan untuk membangun pelabuhan di Sanur, mulai disikapi jajaran DPRD Denpasar. Mengingat, saat ini sudah beroperasi sejumlah pelabuhan lokal yang telah melayani penyebrangan. Karena itu, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) diminta segera  mendata keberadaan pelabuhan yang telah melayani penumpang.

‘’Ini penting dilakukan untuk keselamatan penyeberangan secara umum,’’ kata  anggota DPRD Denpasar,   Wayan Gatra,  Minggu (9/2).  Politisi dari Partai NasDem ini mengatakan, perlu ada langkah strategis yang dilakukan Pemkot Denpasar dalam menyikapi adanya sejumlah pelabuhan lokal di Denpasar ini. Apalagi, pelabuhan lokal ini sudah berjalan sejak lama dan penumpangnya juga sudah cukup banyak.

Baca juga :  Wisman Menuju Nusa Penida Didisinfektan, Wagub Jelaskan Ini

Pendataan ini dilakukan untuk memberikan tanggungjawab serta mewujudkan keamanan dalam pelayaran. Karena bila terjadi sesuatu, pemerintah tidak bisa angkat tangan. Bila ini tidak dilakukan, akan merugikan semua pihak. “Harus segera melakukan pendataan, sehingga mereka bisa beroperasi dengan baik,” kata Gatra.

Dampaknya bukan hanya itu, Pemkot Denpasar juga bisa mendapatkan kontribusi yang jelas dari usaha ini. Selama ini bisa jadi Pemkot belum mendapat apa-apa dari pelabuhan yang ada. Misalnya saja, retribusi maupun pajak. Padahal, usaha ini snagat potensial untuk meningkatkan PAD Denpasar.  (karya)

Baca juga :  PTM di Luar Zona Merah Digelar Juli Mendatang