Jalan Penghubung Lima Dusun di Desa Buana Giri Dibangun Darurat

0
34
JALAN DARURAT - Jalan darurat dibangun di Dusun Butus, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, agar bisa dilewati warga.

Amlapura,DenPost

Pasca-terputus diterjang banjir bandang pada Jumat (7/2/2020), jalan penghubung di Dusun Butus, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, dibanguni jalan darurat. Dikerjakan secara  swadaya, langkah ini diambil untuk membantu ribuan warga dan siswa yang berada di lima dusun bagian atas agar tak terisolir.

 

Kepala Dusun Butus, Gede Ngurah Sudarmana, mengungkapkan, jalan darurat dibangun pada Sabtu (8/1/2020) lalu hingga Minggu (9/1/2020). Langkah ini sebagai inisiatif Ketua LPD desa adat setempat yang pengerjaannya bersamaan dengan pembangunan tanggul di kantor LPD yang digerus air. “Masyarakat sempat membantu dengan alat manual. Sedangkan LPD menyewa alat berat serta pengusaha galian yang juga membantu,” tegasnya.

Baca juga :  Masuk Pantai Bias Tugel Lewat Jalan Pintas, Sejoli terperosok ke Tebing

 

Jalan darurat dibangun dengan meratatakan pasir dan tanah di bagian yang terputus. Lewat inisiatif ini, Sudarmana mengungkapkan lim dusun bagian atas yakni Butus, Tanah Aron, Nangka, Bukit Paon dan Uma Anyar, dapat kembali dilintasi untuk keluar desa. “Khususnya siswa SMP dapat bersekolah tanpa jalan memutar,” ungkapnya. (yunda)