Pohon Tumbang Robohkan Bangunan dan Tutup Jalan di Badung

0
5
Pohon Tumbang Robohkan Bangunan dan Tutup Jalan

 

Mangupura, DenPost

Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di Badung terjadi seharian penuh pada Minggu (9/2/2020). Kondisi ini sesuai dengan prakiraan cuaca yang keluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Denpasar. Kawasan yang mengalami cuaca ekstrem ini meliputi Pecatu, Jimbaran, Ungasan, Nusa Dua, Tuban, dan Kuta. Dampaknya, pohon bertumbangan di sejumlah tempat.

Selain menimpa bangunan, pohon tumbang yang notabene berukuran besar itu juga sempat menutup akses jalan raya. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, kejadian pertama pohon mangga tumbang di Jl. Subak Blumbungan, pada 07.35. Pohon itu telah dievakuasi tim BPBD, sehingga jalan dapat dilalui masyarakat.

Baca juga :  Soal Dana Hibah Pariwisata, Muntra Minta Jangan Asal Habis

Seizin Kepala Pelaksana BPBD Badung Bagus Nyoman Wiranata, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Nyoman Ermy Setiari mengatakan bahwa pohon tumbang juga terjadi di Jl. Sriwijaya, Legian, Kuta; di Jl. Puri Gading, Jimbaran. “Kami juga mohon bantuan masyarakat setempat untuk ikut membantu menyingkirkan pohon tumbang. Seperti arahan presiden, penanggulanan bencana adalah urusan bersama,” ujar Ermy.

Dalam proses evakuasi bencana, pihaknya bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLHK) Badung, sehingga evakuasi lebih efesien. Selain pohon tumbang, genangan air juga menjadi atensi BPBD Badung. Ermy mengatakan menerut laporan, banjir terjadi di Kecamatan Mengwitani. Banjir ini sudah menjadi langganan, namun hingga kini belum ada penanganan. (wir)

Baca juga :  Membaik, Kondisi Warga Denmark yang Dirujuk ke RSD Mangusada