Sidak Pasar Negara, Loka POM Temukan Jajanan Kandung Rhodamin B

KANDUNG RHODAMIN B - Kepala Loka POM Buleleng Made Ery Bahari Hantana menunjukkan produk jajanan upakara yang mengandung rhodamin B. DenPost/witari

 

Negara, DenPost

Menjelang hari raya Galungan dan Kuningan, Loka POM Buleleng dan Diskoperindag Jembrana serta Dinas Kesehatan Jembrana, melakukan intensifikasi pengawasan makanan di Pasar Negara, Senin (10/2/2020).

Sidak juga dilakukan ke lokasi repaking rhidamin B di salah satu rumah di belakang Pasar Negara.

 

Dari pengawasan dan sidak tersebut, petugas menemukan produk jajanan upakara yang memiliki warna mencolok dan ternyata mengandung bahan pewarna makanan berbahaya.  Temuan ini didapat setelah dilakukan  uji sampel makanan dan minuman di Pasar Umum Negara.

Baca juga :  Seminggu Tidak Melaut, Nelayan Pengambengan Terpaksa Ngutang

 

Kepala Loka POM Buleleng Made Ery Bahari Hantana mengungkapkan ada 13 produk pangan khususnya jajanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya. Dari ke-13 sampel produk tersebut, 11 di antaranya diuji lab. Hasilnya, tujuh sampel mengandung rhodamin B.

Menurutnya, jajan yang diambil itu di antaranya jaja uli, dan jaja putu kering.

 

Konsumen diharapkan waspada dengan jajanan yang warnanya mencolok. Jangan hanya tergiur dengan warna. “Ini sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Memang dampaknya tidak seketika, namun lama-kelamaan berpengaruh pada tubuh,” jelas Made Ery Bahari Hantana.

Baca juga :  Korban Meninggal Kapal Tenggelam Bertambah, Tanpa Identitas dan Pakai Perhiasan

 

Dia berharap semua pihak berperan aktif dalam pengawasan. (120)