Belum Banyak Diketahui, Ini Khasiat Tirta Mas Mampeh di Batur Selatan

0
76
TIRTA - Lokasi Tirta Mas Mampeh di Batur Selatan yang diyakini bisa menyembuhkan segala penyakit dan hanya yang menyerang tanamam petani.

Bangli, DenPost

Di Banjar Yeh Mampeh, Desa Batur Selatan, Kintamani, Bangli, Pengiangan Kawan, Kecamatan Susut, terdapat pancuran dan air terjun yang keberadaannya belum banyak diketahui orang luar tahu. Bagi masyarakat setempat air terjun yang berada di Pura Tirta Mas Mampeh tersebut diyakini bisa mengatasi segala penyakit termasuk mengahalau serangan hama pada tanaman di seluruh subak di Bali.

Kelian Banjar Dinas Yeh Mampeh, I Nengah Sukarta, mengatakan, air terjun ini dinilai satu-satunya berada di dataran tinggi di Bali. Kendati belum banyak orang luar, lebih-lebih wisatawan mancanegara yang tahu, namun sejumlah pejabat teras beberapa kali sudah sempat berkunjung sekaligus mandi di air terjun tersebut. Sebagai contoh mantan Bupati Badung, AA Gede Agung dan mantan Gubernur Bali, I Dewa Beratha. “Waktu ini juga ada anak dari Pak Cok Ace yang tangkil (datang) melukat (mandi suci). Tak hanya untuk pertanian atau subak saja, untuk orang seperti kita juga. Untuk membersihkan kekotoran (sekala-niskala) dalam diri,” sebutnya, Jumat (14/2).

Baca juga :  Penambahan 11 Kasus Baru di Bangli, Satunya Balita

Diakui Sukarta, melihat potensi yang ada, lokasi air pancuran sejatinya bisa dikembangkan sebagai objek wisata spiritual.  Namun menurutnya masih terkendala penataan akibat kurangnya SDM dan dana. Karenanya dalam program Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang digagas Gubernur Bali, pihaknya berharap bisa perlahan melakukan penataan.  “Sangat bagus sekali, program Nangun Sat Kerti Loka Bali ini mampu menyelamatkan tradisi dan budaya kita yang sudah tergerus modern. Bukan tidak boleh berlaku modern, namun dalam konteksnya tetap tidak mengabaikan bagaimana itu Bali sebelumnya,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Dua Dapur Milik Warga Pinggan Ludes Terbakar, Kerugian Segini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini