Kelimpungan, Pengusaha Wisata Tirta Harapkan Pemerintah Lakukan Ini

Kutsel, DenPost

Dampak Virus Corona yang mewabah di Tiongkok membuat Pengusaha Wisata Bahari Tanjung Benoa, kelimpungan. Pasalnya, wisman Tiongkok selama ini menjadi salah satu andalan di wisata air ini.
Limbungnya wisata bahari ini diakui salah seorang pengusaha watersport lokal, Wayan Dharma, Minggu (16/2).

Pemilik Basuka Watersport Tanjung Benoa ini memaparkan kalau wisman Tiongkok yang biasanya ramai bermain wisata tirta kini nyaris tidak ada lagi. Bahkan, ada rekannya harus menutup usahanya dan merumahkan karyawannya. “Kami sejauh ini belum mengambil langkah itu (merumahkan), namun kami akui pembayaran gaji karyawan agak terlambat dari biasanya,” ujar mantan Ketua LPM Kelurahan Benoa ini.

Baca juga :  WNA Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Klungkung, Ini Kata Suwirta

Walaupun secara global kunjungan sangat menurun ke Basuka, namun pihaknya memiliki strategi tehnik marketing tersendiri agar bisa berkelit dan tidak terkena imbas virus Corona.

Dikatakannya, penurunan pasar Tiongkok yang dialami saat ini mencapai 100 persen. Di mana biasanya bulan-bulan sepeti saat ini per hari kunjungan wisatawan Tiongkok mencapai 150 hingga 200 orang.
“Sekarang malah nol alias tidak ada yang datang,” imbuhnya.

Baca juga :  Di Pulau Peninsula, Aktivitas Memancing Dibatasi

Selaku pengusaha yang terdampak, pihaknya berharap supaya pemerintah segera ikut turun dan mencari solusi terbaik mengatasi dampak virus ini. Sebab kalau kondisi ini berlangsung 3 hingga 4 bulan, bukanya hanya merumahkan karyawan, kredit macet pun akan banyak terjadi. “Salah satunya kami harap sekarang agar MICE digerakkan. Ada MICE yang rencananya dilaksanakan di Singapura tidak jadi, perlu dijajaki agar dibawa ke Bali,” sarannya.

Baca juga :  Di Badung, Klaster Pekerja Swasta dan Pelajar Dominasi Kasus Covid-19

Pemerintah, kata dia, diharapkan bisa gesit dalam menangani musibah ini.
“Harus segera beraksi, jangan hanya mengatakan mencari solusi tapi tidak bergerak. Harus juga ada kampanye Bali bebas virus Corona. Dan, saya percaya Gubernur Bali, Wayan Koster mampu mengatasi masalah ini,” tegasnya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini