Pemkab Karangasem Ajak Umat Tingkatkan Srada Bhakti

0
23
Bupati Karangasem , I Gusti Ayu Mas Sumatri, bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa.

Amlapura, DenPost

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati, I Wayan Artha Dipa, mengucapkan “Rahajeng Nyanggra Rahina Suci Galungan lan Rahina Kuningan” untuk seluruh Umat Hindu, khususnya di Kabupaten Karangasem.

Mas Sumatri mengajak umat Hindu menjadikan momentum Galungan dan Kuningan sebagai sarana memperkuat srada dan bakti kepada Ida Hyang Widi Wasa. Ini agar Karangasem yang mengusung tagline “The Spirit of Bali” diberikan kemakmuran, kabahagiaan dan dijauhkan dari segala bencana.

Baca juga :  Salah Satu Staf Positif, Loket PLN Karangasem Ditutup

Dalam perayaan kali ini, Mas Sumatri memberi perhatian khusus terhadap wabah virus Corona dan ASF atau flu babi yang melanda Bali. Kondisi ini berdampak luas terhadap psikologis umat Hindu dan para peternak babi.

“Kalau virus Corona syukur tidak terjadi di Bali. Tapi ASF atau flu babi mungkin ada, karena cukup banyak babi yang mati di berbagai kabupaten. Tapi saya rasa, daging babi masih aman untuk dikonsumsi, asalkan dimasak dengan matang. Tetaplah membuat olahan lawar sebagaimana biasanya agar psikologis para peternak juga tidak jatuh,” kata Mas Sumatri di Karangasem, Jumat (14/2).

Baca juga :  Ratusan Warga Karangasem Dikarantina, Satgas Lakukan Ini

Selaku orang nomor satu di Bali timur, ia mengaku telah melakukan upaya antisipasi, baik sekala maupun niskala. Salah satunya ia memerintahkan menyelenggarakan upacara “Nangluk Merana” untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona, di Pura Penataran Agung, Desa Padang Bay, Manggis, Karangasem, akhir Januari 2020 lalu.

“Upacara “Nangluk Merana” sebagai pencegahan secara niskala itu adalah suatu upacara yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun di Karangasem. Tujuannya untuk memohon keselamatan Bali agar dijauhkan dari hal-hal yang negatif, terutama sejumlah bencana yang terjadi selama ini di Nusantara,” pungkas Mas Sumatri. (c/yun) 

Baca juga :  PHRI Karangasem Siap Sambut “New Normal Life”

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini