Tempuh Jalur Niskala, Ini Ritual untuk “Halau” Virus Corona

0
26
KORDINASI - Wagub Cok Ace bersama pemuka adat, agama di Pura Besakih, serta organisasi keagamaan usai melakukan koordinasi berkaitan karya untuk mengantisipasi wabah penyakit. (foto istimewa)

Renon, DenPost

Mengantisipasi mewabahnya virus Corona ke Pulau Dewata telah diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi Bali, baik secara sekala dan secara niskala. Secara sekala, Pemerintah telah meningkatkan kewaspadaan di seluruh akses masuk Bali. Secara niskala, Pemprov Bali telah memohon petunjuk dari sulinggih, pemangku dan Bendesa Pura Besakih, PHDI, MUDP dan juga FKUB.

Pertemuan yang dipimpin Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, tersebut berlangsung Senin (17/2) di ruang rapat Wagub Bali, Praja Sabha, Kantor Gubernur, Renon, Denpasar. “Nantinya akan dilaksanakan karya pamlehpeh lan pamahayu jagat pada 23 Februari mendatang, yang bertepatan dengan Tilem Sasih Kawulu di bencingah Pura Penataran Agung Besakih,” terangnya.

Baca juga :  Gairahkan Bank Sampah, Begini Strategi Kelurahan Ubung

Koordinasi dengan pelaku adat dan agama ini baginya sangat penting, sebab dalam beryadnya harus mengetahui secara matang tingkatan karya yang akan dilaksanakan, baik dari nama karya, tingkat besar kecilnya upakara yang akan dilaksanakan. Sependapat, perwakilan PHDI Bali, I Gede Sutarya, juga mengatakan koordinasi ini menyepakati nama karya, agar tidak menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat.

Selain nama karya, tingkatan karya juga mesti dipertimbangkan agar sesuai dengan kaedah tingkatan karya. “Karena apabila selaku manusia, kita menentang yadnya atau melakukan yadnya yang secara berlebihan akan mengakibatkan sebuah kehancuran bagi alam semesta dan isinya, baik itu grubug, sakit bahkan sebuah peperangan,” ungkap Sutarya. Ia berharap, karya ini dapat memberikan keseimbangan sekala dan niskala. (wir)

Baca juga :  Denpasar Tambah 5 Kasus Positif, Satunya Riwayat Pulang Kampung

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini