Tanggapi Babi Mati di Dausa, Ini yang Dilakukan Dinas PKP

0
8
CEK BABI - Petugas saat mengecek babi mati di Dausa, Kintamani, Banglli, Jumat (21/2).

Bangli, DenPost

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli melakukan invetigasi ke Desa Dausa, Kintamani, Bangli, Jumat (21/2). Ini terkait adanya keluhan dari peternak mengenai belasan babi mati mendadak di wilayah tersebut.

Kadis PKP Bangli, I Wayan Sarma, menerangkan, investigasi itu berupa mengetahui kronologis kematian babi-babi milik peternak. Selain memeriksa kondisi babi yang lain dan memeriksa kandang, petugas juga melakukan pengambilan sampel pada babi yang mati. “Sampel yang diambil itu kami kirim ke lab Balai Besar Veteriner di Denpasar. Setelahnya baru diketahui apakah ada virus atau bagaimana. Kalau untuk hasilnya, tergantung di sana, kami mintanya secepatnya,” jelas Sarma.

Baca juga :  Sebelum Ditemukan Tewas, Ketut Silib Tulis 6 Lembar Pesan

Sementara sampel babi yang diambil itu adalah babi milik peternak Putu Eka Diana Putra. Kebetulan paginya, seekor babi miliknya kembali ada yang mati. “Ya, itu yang diambil sampelnya punya saya. Tadi pagi mati lagi,” terang Eka Diana.

Dikatakannya, hingga Jumat (21/2) sudah 10 ekor babi miliknya mati. “Enam indukan, satu pejantan, dan tiga babi muda,” sebutnya. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini