Atasi Pengoplosan Elpiji, Pertamina Diminta Lakukan Ini

0
12
Nyoman Parta

Renon, DenPost

 

Pertamina diminta berinovasi mengatasi masalah pengoplosan gas elpiji. Sebab, masalah tersebut masih sering terjadi, bahkan di seluruh Indonesia. Hal itu dikatakan anggota Komisi VI DPR RI, Nyoman Parta, menanggapi terungkapnya pengoplosan gas elpiji oleh Polda Bali di Gianyar. “Hampir di seluruh Bali pernah terungkap kasus pengoplosan. Dan, khusus di Gianyar malah sudah terjadi berulang-ulang,” kata Parta, Kamis (27/2).

 

Ia mengapresiasi langkah kepolisian, dengan tetap memberikan catatan pengoplosan biasanya selalu tidak berdiri sendiri. Menurutnya, ada penyuplai gas 3 kg, ada yang menjadi penyalur setelah dioplos jadi 12 kg atau 50 kg. “Pihak kepolisian harus mengurai sampai dengan yang membiayai kegiatan itu jika ada oknum pemilik agen dan pangkalan yang terlibat,” ujar politisi PDI Perjuangan asal Guwang, Gianyar ini.

Baca juga :  2019, Denpasar Salurkan KUR Rp900 Miliar

 

Parta menilai, seringnya kasus pengoplosan terjadi menunjukkan betapa sistem pengamanan produk dan pengawasan dari Pertamina sangat lemah. Kata dia, Pertamina bisa membuat pengendalian agar produk yang dikeluarkan tidak disalahgunakan di lapangan. “Kalau terjadinya sekali dan di satu tempat, mungkin urusan kejahatan semata. Tetapi kalau sudah berulang-ulang dan terjadi di mana-mana, itu menunjukkan sistemnya yang salah. Pertamina harusnya berinovasi. Jangan kambing hitamkan gas subsidi untuk rakyak menjadi sumber kejahatan,” tegas Parta.

Baca juga :  Lalin di Antasura Lumpuh, Ini Penyebabnya

 

Mantan Ketua Komisi IV DPRD Bali itu meminta Pertamina melakukan pendampingan, dan membuat pelanggan cerdas, dengan menyiapkan alat di pengecer-pengecer untuk memeriksa dan memastikan berat gas sesuai dengan yang ditentukan. “Bisa tidak Pertamina membuat tutup segel gas yang hanya sekali pakai atau hanya bisa dibuka ketika akan digunakan? Karena pengoplos biasanya menggunakan segel gas melon yang gampang dilepas untuk tutup segel ke gas 12 kg setelah selesai dioplos,” tandasnya. (106)

Baca juga :  Enam Ekor Anjing di Bangli Positif Rabies

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini