Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Mulai Maret Badung Lakukan Ini

0
12
BIDIK DOMESTIK-Pemerintah Kabupaten Badung melakukan upaya peningkatan jumlah kunjungan dengan membidik wisatawan domestik.

Mangupura,DenPost

Pemerintah Kabupaten Badung mulai membidik wisatawan domestik untuk datang ke Bali kususnya Badung. Wisatawan domestik disasar lantaran disetopnya kedatangan wisatawan dari Tiongkok.

Bahkan Pemerintah setempat melalui, Dinas pariwisata akan melakukan seles misson ke dalam negeri. Promosi pariwisata yang dilakukan pun menyasar tiga tempat yakni Jakarta, Jogja dan Manado. “Iya kita promosi tidak hanya dilakukan ke luar negeri saja. Namun kini kita lakukan ke dalam negeri juga yakni Jakarta, Jogja dan Manado,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, promosi pariwisata yang dilaksanakan tidaklah beda prosesnya dengan promosi ke luar negeri. Hanya saja untuk di dalam negeri, pihaknya mengaku akan mengutamakan ekonomi kreatif atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Badung. “Tiga tempat ini sangat berpotensi untuk mendatangkan kunjungan wisatawan domestik. Itu juga kita lihat dari trand sebelumnya,” jelasnya.

Baca juga :  Saling Menjaga Bersama, BMW Astra Siapkan Ini

Promosi yang dilakukan pun akan dilakukan mulai bulan maret 2020 mendatang, dengan menyasar Jakarta. “Kita akan lakukan mulai bulan depan. Jadi Maret ke Jakarta, April ke Jogja dan Maei ke Manado,” tambahnya.

Birokrat asal Kuta, Badung itu menjelaskan dengan adanya promosi pariwisata ke dalam negeri,diharapkan mampu menyedot wisatawan pancanegara maupun domestik yang ada. Sehingga kata Badra industri pariwisata di badung tetap berjalan seperti mana biasanya.“Untuk target kami belum berani memprediksinya. Karena ini kan program recovery,  kita coba melakukan promosi dengan jangka waktu pendek ini. Jadi kita akan terus melakukan promosi, dan semakin banyak yang kita harapkan datang ke Bali. Sehingga industri yang ada bergairah kembali,” harapnya.

Disinggung mengenai anggaran promosi pariwisata, mantan Plt Kadis Perikanan Badung itu mengatakan promosi di tiga wilayah tersebut dianggarkan sebesar Rp 1 Miliar lebih. Selain promosi di sektor wisatawan domestik, Dispar juga sudah merancang untuk promosi di Eropa. Hal ini sebagai upaya untuk mengcover kehilangan wisatawan asal China yang terdampak virus Corona. Dalam waktu dekat, tim promosi akan berangkat ke Jerman dan Skandinavia dan menggelar travel fair di sana. Selain dua negara itu, Australia dan New Zealand juga masuk dalam agenda promosi kali ini. “Maret ini kita juga ke negara Eropa itu. Kemudian, pada April promosi ke Australia dan New Zealand. Tentu lanjutannya akan sales mission ke Amerika pada Mei, Juni, dan Juli mendatang. Terakhir, pada Agustus kita ke Moscow dan Saint Petersburg juga,” tutur Badra.

Baca juga :  Gunarta Sosialisasi Penyediaan Tempat Cuci Tangan Hingga ke Rumah Tangga

Disisi lain Wakit Bupati Badung, Ketut Suiasa mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan mentri pariwisata terkait dampak virus corana tersebut. Bahkan ia juga mengaku komunikasi yang dilakukan untuk  menyempaikan  aspirasi stakeholder pariwisata yang ada di Bali kususnya Badung.  “Saya sudah koordinasi dengan mentri pariwisata, intinya bagaimana lagi meningkatkan pariwisata di bali lagi,” katanya

Menurutnya hal penting yang dilakukan yakni menjaga pariwisata Bali, bahkan pihaknya meminta kebijakan kusus yang bisa dilaksanakan oleh pemerintah. Pasalnya Badung kini menargetkan kunjungan wisatawan sebesar 6,2 juta.“Kami usulkan penting membuka jalur baru dari sektor penerbangan atau airline. Salah satu yang kita sarankan yakni jalur India Bali yang kita ingin buka.  Padahal dulu pernah di dibuka, namuan karena ada wisatawan tiongkok, bangsa pasar India turun sehingga tidak ada penerbangan kembali ke sana,” bebernya. Selain membuka jalur baru, pihaknya meminta agar pihak airline melakukan kebijakan kusus seperti memberikan discont untuk meningkatkan daya tarik wisatawan datang ke Bali.(dwa)

Baca juga :  Giri Prasta Keluarkan Edaran Terkait Pelaksanaan Ini