Kuningan, Saatnya Pujawali di Pura Sakenan, Denpasar Selatan

0
13
NGIRING SASUHUNAN - Krama Desa Adat Pemogan, saat ngiring sasuhunan ke Pura Sakenan, serangkaian pujawali di pura setempat, Jumat (28/2/2020). (DenPost/ist)

Serangan, DenPost

Setiap Sabtu Kliwon wuku Kuningan yang disebut juga Tumpek Kuningan, diadakan pujawali pada Sabtu (29/2/2020) Pura Sakenan di Pulau Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan,. Berkaitan dengan pujawali yang dilanjutkan dengan nyejer selama tiga hari tepatnya sampai, Selasa (3/3/2020), berbagai persiapan dilakukan pengempon pura.

Selama berlangsungnya pujawali hingga nyejer, permasalahan parkir bagi para pamedek dan pedagang di areal Pura Sakenan akan ditangani Desa Adat Serangan. Sedangkan parahyangan ditangani Desa Adat Pemogan dan Desa Adat Kepaon, serta untuk wali ditangani Desa Adat Kelan Tuban.

Baca juga :  Selama Pandemi Covid-19, Ketahanan Pangan Bali Terjaga

Pangenter Yadnya Pujawali Pura Sakenan, IB Gede Pidada, mengatakan bertepatan dengan Kuningan, diadakan pujawali di Pura Sakenan pada 29 Februari 2020. ”Untuk pujawali tahun ini diadakan seperti biasa dengan nyejer selama tiga hari. Odalan biasa itu, dalam artian dengan sarana upakara bebangkit dan pragembal, serta pakelem alit dengan sarana ayam dan bebek,” kata IB Pidada, Jumat (28/2/2020).

Pura Sakenan ini, lanjut dia, diempon empat desa adat yang dibantu Pemerintah Kota Denpasar. Saat pujawali hingga nyejer, sesuai dengan Perwali No.36 Tahun 2018 tentang pengurangan kantong plastik, maka pamedek tak membawa kantong plastik. ”Kalau bisa dikembalikan seperti semula, di mana pamedek yang akan nunas tirta supaya membawa tempat tirta, tidak usah nunas tirta dengan kantong plastik karena tirta itu suci,” tanadasnya. (112)

Baca juga :  Judi Tajen Digerebek Polisi, Bebotoh Kocar-kacir