Sembarangan Buang Sampah, Dikutuk Miskin Tujuh Turunan

0
30

Negara, DenPost

 

Sampah memang masih menjadi permasalahan serius di Jembrana.
Dari pengamatan, sampah plastik kerap dibuang di lahan kosong, demikian juga sungai dan jembatan.
Kondisi ini juga terlihat di lahan milik warga di Jalan Raya Negara-Pengambengan, Desa Tegal Badeng Timur, Kecamatan Negara, Jembrana.

PascaTPS di Terusan ditutup di bagian depan dan pindah ke dalam, oknum warga yang suka buang sampah sembarangan makin tak tahu aturan. Tanah milik warga di perbatasan Terusan, Lelateng dengan Tegal Badeng Timur itu dipenuhi dengan sampah, bahkan meluber sampai ke jalan raya. Padahal di sana sudah dipasang spanduk larangan.
Merasa kesal dengan ulah oknum warga yang buang sampah sembangan, sejak beberapa hari belakangan ini di sana juga ditambah dengan spanduk yang bertuliskan kutukan. “Ya Tuhan jadikanlah aku miskin 7 turunan jika membuang sampah di sini” demikian tulisan di spanduk.
Sedangkan spanduk lainnya yang dipasang di bekas bak pikap bertuliskan “Perhatian jangan buang sampah di sini, kami akan melakukan tindakan tegas. Jangan coba-coba”.

Baca juga :  Bayi Belum Jelas Kelaminnya Lahir di Desa Sepang

Perbekel Desa Tegal Badeng Timur,H Alinudin, Sabtu (29/2) mengakui spanduk itu dipasang staf desa karena tidak ada lagi cara lain untuk membuat oknum warga yang buang sampah sembarangan jera. “Kami pernah sekali tangkap oknum warga. Tapi ternyata bukan warga kami. Itu oknum dari luar desa. Kami sudah mewanti-wanti warga kami tidak buang sampah sembarangan karena kami tidak segan-segan bertindak tegas,” jelasnya.

Baca juga :  Jenasah Korban KMP Yunicee Kembali Ditemukan di Perairan Muncar

Pihaknya juga sudah berkali-kali gotong royong membersihkan tumpukan sampah di tanah milik orang asal Lombok tersebut. “Kami kesulitan koordinasi dengan pemilik lahan, karena tinggal di Lombok. Jadi kami atasi sendiri dengan membakar sampahnya,” kata Alinudin.

Sejak spanduk dipasang, katanya, sudah tidak ada yang buang sampah di sana lagi. “Mudah-mudahan makin sadar,” harapnya. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini