WNA Jepang Dirujuk ke Mangusada, Kadinkes Sebut Sesuai Protap

0
16

Kapal, DenPost

 

Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang yang tiba di Bali pada (2/3) kemarin segera dirujuk ke RSD Mangusada. Ia dirujuk lantaran menderita demam tinggi. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta, menerangkan, langkah tersebut merupakan prosedur tetap (protap) tindakan medis terhadap WNA yang sakit. Protap yang sama juga diterapkan di seluruh fasilitas kesehatan di Bali.

Baca juga :  Berprestasi di Bidang Hukum, Togar Situmorang Masuk Tim Komnaspan

“Sebenarnya kan belum pasti (diduga Corona). Protap kita memang seperti itu. Apabila ada orang masuk Bali dengan suhu lebih dari 38 derajat, dari daerah endemis, wajib kita pantau,” ungkap mantan Direktur Utama RSD Mangusada ini. Ia menyadari bahwa Kabupaten Badung merupakan kawasan pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Dengan kondisi tersebut, urusan medis menurutnya sangat penting.

“ini sekaligus menunjukkan kesiapsiagaan Kabupaten Badung terhadap wabah virus Corona,” ujar Gunarta. Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga mengatakan hal serupa. Ia menerangkan bahwa pihaknya telah mengintruksikan secara lisan dan tertulis terkait protap penanganan pasien diduga Corona. Untuk itu pihaknya berharap pihak rumah sakit daerah dapat menerapkan protap dengan optimal.

Baca juga :  Antisipasi Massa Tolak Omnibus Law, Ratusan Aparat Siaga

Kata dia, Rumah Sakit Daerah (RSD) diharapkan mampu merawat WNA yang sakit, dan tidak buru-buru merujuk pasien ke ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini