Lama Diperjuangkan, Raperda Kaling Akhirnya Disahkan

0
9
RAPAT PARIPURNA - Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Karangasem.

Amlapura, DenPost

 

Lama diperjuangkan, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait pengangkatan dan pemberhentian Kepala Lingkungan (Kaling) akhirnya sah pada Senin (2/3) lalu.  Perda yang mengatur ulang masa jabatan kaling ini diresmikan dalam Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Karangasem.

 

Ketua Pansus II yang diwakili I Ketut Mangku mengungkapkan,

kaling yang diangkat secara periodisasi yang telah habis masa tugasnya, dengan usia kurang 60 tahun maka dapat diangkat sampai usia 60 tahun. “Kepala lingkungan dengan keliang dinas sama-sama sebagai perangkat kewilayahan. Namun keduanya berbeda dalam masa jabatan, sehingga saat ini akan disejajarkan,” ungkapnya.

Baca juga :  Ini Hasil Rapid Test, PMI dari Kabupaten Badung

 

Tak hanya sekarang, rancangan ini telah dibahas alot sejak tahun 2019 lalu. “Latar belakang pengajuan Raperda ini tiada lain meninjau kembali Perda 11 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan,” imbuhnya.

 

Tak hanya pengesahan Perda terkait Kaling, dalam rapat paripurna kali ini, juga disahkan 4 perda lainnya. Di antaranya Raperda Perubahan Kedua atas Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang RPJMD Karangasem, Raperda Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah, Raperda Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan, dan Raperda Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja BPBD Karangasem. (c/Yun)

Baca juga :  Capil Badung Perkenalkan Layanan Pengambilan Berkas Kependudukan Via GoJek

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini