Puluhan Calon PPS di Jembrana Tidak Lolos

0
28
Ketut Gede Tangkas Sudiantara

Negara, DenPost

Dari 326 pendaftar PPS  di Kabupaten Jembrana, sebanyak 286 orang dinyatakan lulus administrasi. Smeentara sisanya yakni 40 orang pendaftar dinyatakan tidak lolos. Untuk mencapai target, KPU Jembrana sempat memperpanjang perekrutan anggota PPS selama tiga hari sampai Kamis (27/2). Pasalnya, sejak sepekan dibuka hingga ditutup Senin (24/2) pukul 24.00 Wita pendaftar untuk menjadi anggota PPS masih minim.

Ketua KPU Jembrana, Ketut Gede Tangkas Sudiantara,  Rabu (4/3) mengatakan, setelah berkas syarat pendaftar diteliti ada 40 orang yang tidak lulus, 34 pria dan 6 perempuan. Mereka yang tidak lulus, kata Tangkas, disebabkan sudah pernah menjadi anggota PPS selama dua periode. Ini terlihat dan tercatat dalam dokumen (file) KPU Jembrana, baik yang pernah menjadi PPS, PPK maupun PPDP.

Baca juga :  Bupati Artha Minta Pedagang Luar Jembrana Tunjukkan Hasil Rapid Test

Syarat dua periode dari sejumlah syarat yang wajib dipenuhi calon pendaftar , lanjut Tangkas, tertuang dalam keputusan KPU nomor 66/PP.06.4.Kpt/03/KPU/II/2020 tentang pedoman teknis pembentukan PPK, PPS, PPDP dan kelompok pemungutan suara dalam pemilu.

Sementara itu, terkait adanya salah satu desa dengan pendaftar yang dinyatakan lulus hanya 3 orang dari syarat minimal mendaftar 6 orang, menurut  Tangkas tidak akan berpengaruh terhadap tahapan selanjutmya. Hal itu karena ditemukan setelah dilakukan penelitian berkas syarat.  “Tidak ada masalah karena saat mendaftar sudah sesuai kuota syarat minimal 6 orang,” katanya. (120)

Baca juga :  Buruh Angkut Tewas Tertimpa Buah Kelapa

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini