Terduga Corona Meningkat 50 Persen

0
12
dr. I Ketut Suarjaya

Renon, DenPost

Sejak dua hari terakhir, Warga Negara Asing (WNA) di Bali yang dicurigai terjangkit virus Corona terus bertambah. Pada Rabu (4/3) malam, jumlah WNA dicurigai bahkan bertambah 50 persen. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. I Ketut Suarjaya, mengatakan, pada Rabu lalu terdapat delapan orang yang dicurigai, kemudian pada malam harinya bertambah empat sehingga menjadi 12 orang. Empat WNA itu tersebar di sejumlah rumah sakit, seperti RSUP Sanglah, Siloam dan RSD Gianyar.

 

“Dari data per 5 Maret 2020, itu masih ada 12 pasien dalam pengawasan. Mereka tersebar di rumah sakit Sanglah enam orang, RSUD Sanjiwani Gianyar ada tiga orang, RSUD Tabanan satu orang, RSUD Mangusada Badung satu orang dan rumah sakit Siloam satu orang,” ungkap  Suarjaya, Kamis (5/3), di Denpasar. Ia menerangkan, dari enam orang yang diobservasi RSUP Sanglah, dua orang berwarganegara Indonesia, seorang asal Jepang, seorang asal Sloavia dan dua asal Denmark.

Baca juga :  Ketua Gugus Tugas Nasional Sosialisasikan Prokes di Bali

 

“Dari jenis kelamin, empat laki-laki dan dua perempuan. Di RSUD Sanjiwani Gianyar, dua orang asal Denmark dan satu Sloavia dengan jenis kelamin satu laki-laki dan dua perempuan,” bebernya. Sementara di RSUD Tabanan, dirawat seorang perempuan asal Rusia, di RSUD Mangusada dirawat seorang laki-laki asal Denmark, dan di Rumah Sakit Siloam dirawat seorang perempuan asal Inggris. Ia juga mengungkap perkembangan sembilan WNA yang sempat kontak erat dengan terjangkit Corona.

Baca juga :  Dua Orang di Padangsambian Diduga Positif Covid-19, Satgas Lakukan Monev

 

“Informasinya, sudah ada empat yang pulang ke negara mereka. Jadi yang masih di Bali tinggal lima, masih sedang kita tracing (lacak), sementara sehat semua,” ujar Suarjaya. Berkaitan empat WNA yang sudah pulang, Suarjaya mengatakan pemerintah tidak dapat membatasi WNA apabila ingin pulang, meskipun masih dalam proses pengawasan. Sementara, pihaknya melalui tim kesehatan terus melakukan pengawasan terhadap lima WNA tersebut.

Baca juga :  Tujuh Palinggih Pura Dalem Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 M

“Saat ini kita masih menunggu yang 12 orang ini saja. Yang rencananya hari ini akan keluar delapan, dan sisanya kemungkinan besok, mudah-mudahan ya. Kalau lancar, ya bisa keluar sesuai dengan jadwal, kami terus berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI di Jakarta,” pungkasnya. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini