Anak Di Denpasar Wajib Kantongi Ini

0
24

Dauh Puri Kaja, DenPost

Kartu Identitas Anak (KIA) sesuai dengan Permendagri No. 2 Tahun 2016, diwajibkan bagi pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan kartu identitas ini kepada anak-anak yang berusia 0 sampai 17 tahun dan belum kawin. “Catatannya di situ dan belum kawin. Meski telah berumur 17 tahun tapi sudah kawin itu sudah KTP,” kata Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata, didampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan, Ni Luh Lely Srinadi, Kamis (5/3).

Ditambahkan Lely Srinadi, Kota Denpasar pada tahun 2016, telah menerapkan dan mewajibkan warga Kota Denpasar yang memiliki anak supaya membuat KIA. “Kami sudah merancang untuk KIA itu, dan sampai sekarang catatan KIA di Denpasar mencapai 106.482 anak yang memiliki KIA,” ujarnya.

Baca juga :  Ganggu Ketertiban Umum, Lima Anak Punk Diamankan Satpol PP

Untuk blangko KIA, lanjut Lely Srinadi, sudah mencukupi di Kota Denpasar sesuai dengan pengadaan sendiri. Pada tahun 2020 ini, Disdukcapil Denpasar akan mengadakan blangko KIA secara bertahap. Untuk persyaratan membuat KIA, yakni foto copy kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan fas foto 3×4 bagi anak yang berumur di atas 5 tahun, sedangkan yang belum berumur 5 tahun persyaratannya, yakni foto copy KK dan akta kelahiran. “Untuk mendapatkan KIA, bisa datang langsung ke pelayanan yang ada di Gedung Mal Pelayanan Publik Sewaka Dharma Kota Denpasar, di empat kecamatan yang ada di Denpasar dan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang sudah diluncurkan Walikota Denpasar,” ucapnya. (112)

Baca juga :  WNA Positif Covid-19 Juga Idap Penyakit Kronis

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini