Gerakan Pengabdian Masyarakat, Unmas Ajak Pelajar Lakukan Ini

0
10

Lukluk, DenPost

 

Universitas Mahasaraswati turut menyuarakan pelestarian kearifan lokal Bali. Salah satunya dengan menggairahkan minat pelajar mengenal gamelan Rindik di SD Negeri 2 Lukluk, Mengwi, Badung pada 14 Februari lalu yang dirangkai dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Koordinator kegiatan, Lis Julianti, mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan puluhan mahasiswa.

Lis menerangkan, kegiatan diisi dengan pengenalan alat gambelan tradisional rindik, teknik dasar dan pelatihan gambelan rindik dengan irama. “Kami kenalkan nada-nada hingga teknik memegang panggul kepada anak-anak. Selanjutnya juga pelatihan dengan mengenalkan sejumlah gending (irama) sederhana, seperti Rindik Gurnita Sandi dan Rindik Tabuh Telu Sanur,” ujar Lis Kamis (5/3).

Baca juga :  PK Golkar Abiansemal Dinakhodai Jelantik Trinaya

Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, yakni pada tanggal 14 Februari, 24 Februari, dan 25 Februari 2020. Selama pelatihan, anak-anak dibimbing salah satu mahasiswa Unmas Denpasar yang membidangi kesenian tabuh khususnya gambelan tradisional rindik. Lis berharap, kegiatan ini memotivasi pelajar untuk mencintai kearifan lokal, yang merupakan daya tarik pariwisata.

Bukan hanya menjadi kepentingan pelestarian kearifan lokal, pengenalan gamelan terhadap pelajar juga dinilai turut membentuk karakter anak yang luwes dan berbudi luhur. Sebab, melalui irama dan teknik menabuh rindik dapat menyeimbangkan tumbuh kembang otak dan kreativitas anak. Dengan begitu, diharapkan anak terhindar dari lingkungan negatif dan kenakalan yang berlebihan. (wir)

Baca juga :  Ini Hasil Rapid Test, PMI dari Kabupaten Badung

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini